Pengelola Usaha Boga


Usaha : Suatu  kegiatan yang menyajikan makanan dan minuman.

Kegiatan untuk menyajikan makanan dan minuman ada 2 macam usaha boga, yaitu :
  1. Restoran
  2. Katring 
Macam - macam restoran :
  • Rumah makan padang
  • Warteg (Warung Tegal)
  • Kantin
  • Coffe Shop
  • Drive Thru
  • Buffet Restaurant
  • Snack bar
  • Wagon Restaurant
Usaha Boga Adalah :
Suatu kegiatan dalam bidang jasa boga yang memberikan jasa pelayanan terhadap pemesan makanan dan minuman.

Katring adalah :
Usaha pelayanan makanan dan minuman yang dapat dinikmati diluar/didalam tempat pengolahan makanan dan dalam jumlah yang banyak.

Ada 2 jenis katring :
  1. Inside Catering
    ketring yang menerima pesanan dan menikmatinya didalam/di tempat pengelolahannya.
  2. Out Side Catering
    Cetering yang menerima pesanan dan menikmatinya di luar tempat pengolahannya.
Macam - macam Makanan katring
  1. Katering Rumah
    Pada umumnya dalam jasa katering ini hanya terdiri dari dua macam lauk dan satu jenis sayur, yang dikemas dalam satu rantang. Per rantang dikemas untuk empat atau lima orang.
  2. Katering Kantor
    Masakan katering ini menyajikan Menu komplit; satu porsi berisi nasi, dua lauk dan satu sayur, dapat ditambah buah atau snack, yang disesuaikan dengan harga yang ditawarkan. Pemasaran paket katering dilakukan dengan menyebarkan brosur dari kantor ke kantor dengan menawarkan katering murah dan paket katering yang lengkap. Kendala yang mungkin dihadapi adalah terdapat beberapa gedung yang membuat peraturan untuk melarang para pedagang berjualan dalam area tersebut. Untuk mengantisipasi hal ini, sebaiknya sebelum menawarkan jasa paket katering mencari informasi melalui pihak pengelola gedung.
  3. Katering Sekolah
    Menu katering makanan komplit per porsi yang terdiri dari nasi, dua jenis lauk dan sayur, buah atau snack. Target market yang dituju adalah sekolah yang memiliki jam belajar hingga melewati siang hari. Pemasaran dilakukan bekerja sama dengan pihak sekolah.
  4. Katering Hajatan
    Khusus untuk acara hajatan seperti arisan, ulang tahun, pertemuan keluarga atau acara khusus lainnya seperti dalam skala yang lebih besar seperti untuk acara pernikahan, ulang tahun dengan menggunakan system prasmanan atau katering pernikahan. Perlu dibuatkan cataloq yang menarik sebagai media promosi. Untuk dapat menjadi penyedia jasa katering makanan di suatu gedung tertentu, terlebih dahulu pihak perusahaan katering harus menjadi rekanan gedung tersebut misal katering pernikahan.
  5. Katering Pabrik
    Penyediaan jasa masakan katering untuk karyawan pabrik dengan jumlah ratusan bahkan ribuan porsi per hari. Pengadaan jasa ini dilakukan melalui proses tender.

Baca artikel yang bersangkutan : Mengembangkan Usaha Boga
Oke mungkin itu saja yang bisa saya berikan mengenai artikel ini, semoga dengan apa yang sudah saya berikan ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk like dan follow akun kami untuk mendapatkan info serta update terbaru dari kami. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar anda. Terimakasih.

Previous
Next Post »

► Dilarang meninggalkan link aktif
► Dilarang komentar yang mengandung sara, pornografi dsb.
► Semoga artikel bermafaat
► Terimakasih sudah berkomentar :)
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Powered by Blogger.