Istilah-Istilah Dalam Internet


     Beberpa istilah yang berhubungan dengan internet dan penggunanya akan dijelaskan berikut ini untuk membantu pengguna internet dalam memahami dunia internet.

Web
      Web,berarti jaringan yang dapat menampilkan data-data atau informasi lain melalui internet. Web merupakan bagian dari protokol bahasa http yang paling populer.

WWW (World Wide Web)
      WWW merupakan kumpulan penyedia web untuk dipakai secara massal di seluruh dunia. Di dalam WWW, semua dokumen, menu, indeks, dan lain-lain ditampikan kepada para pengguna internet sebagai objek dalam format HTML yang dapat dilihat dengan menggunakan Web Browser.

Web Site
      Web Site merupakan sebuah alamat di WWW yang menyediakan informasi tertentu. Contohya: www.google.com, www.yahoo.com, www.facebook.com dan www.detik.com.

Web site
Wep Page
      Web Page merupakan bagian dari web site yang merupakan lembaran-lembaran halaman sebuah web site.

Homepage
      Homepage adalah halaman muka sebuah web site, berisi link-link halaman yang lain dalam web site yang sama atau web site lainnya. Jika dianalogikan, homepage sama dengan daftar isi sebuah buku yang memuat outline buku.

Browser
      Browser adalah aplikasi di internet yang dipakai untuk menjelajah dunia internet. Contohnya: Mozila Firefox, Intenet Explorer, Opera Mini, Netscape Navigator, dan sebagainya.

Download
      Download adalah pengambilan data atau informasi dari sebuah web site untuk ditampilkan atau disimpan di komputer pengguna.

Upload
      Uploada merupakan pengiriman data dan informasi dari komputer pengguna atau ke suatu web site.

E-mail
      E-mail adalah surat elektronik yang dapat dikirim dan diterima malalui internet.

URL (Universal Resource Locator)
      URL adalah sistem penamaan alamat situs web. Oleh karena itu, URL sering pula dinamakan Internet address (alamat internet). Setiap protokol bahasa mempunyai sistem penulisan alamat yang berbeda-beda. Alamat sebuah web site di internet dapat dijelajah melalui URL.

HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)
      HTTP merupakan salah satu protokol bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi antar server komputer dalam internet. Dapat pula dikataka bahwa HTTP merupakan bagian dari URL yang mengindetifikasi lokasi web site.

Hub
      Hub merupakan alat yang berfungsi sebagai pusat suatu jaringan. Koneksi jaringan didistribusikan sebagai hub.

Client
      Client adalah komputer pengakses internet, biasanya dipakai oleh pengguna.

Server
      Server adalah komputer penyedia data dan informasi yang akan diakses oleh cilent.

Modem (Modulator Demodulator)
      Modem merupakan alat yang diperlukan untuk oleh pengguna komputeruntuk menghubungkan dangan komputer lain melalui jaringan internet. Modem dapat mengubah data serial yang dimilki oleh komputer menjadi sinyal audio yang dimilki oleh kabel telepon, atau dari sinyal audio menjadi data serial.

HTML (Hyper Text Mark up Language)
      HTML merupakan standar format untuk dokumen hypertext.

Hypertext
      Hypertext merupakan serangkaian kata pada dokumen html yang mempunyai hubungan (link) dengan dokumen html lain.

Hyperlink
      Hyperlink merupakan fasilitas untuk mereferensikan atau menghubungkan sebuah kata, kalimat, simbol, dambar dengan alamat-alamat di internet. Sebuah link teks biasanya ditandai dengan teks yang bergaris bawah dan berwarna biru, seperti Klik di sini. Namun, tanda utama dari sebuah link (link teks atau link gambar) adalah berubahnya kursor mouse menjadi tanda "menunjuk" jika diletakan di atas lik tersebut. Jika sebuah link di klik, maka program browser akan membuka dokumen atau file yang ditunjuk oleh link tersebut.

Protokol
      Protokol adalah sejumlah aturan yang menentukan bagaimana  dua atau komputer saling berkomunikasi.

Alamat IP
      Alamat IP merupakan identitas komputer dalam jaringan yang terdiri dari empat bagian (mulai angka 1 sampai 255).

ISP (Internet Service Provider)
      ISP merupakan perusahaan atau lembaga penyedia jasa layanan internet, seperti Indosatnet, Telkomnet, Wasantara, dan sebagainya.

Search Engine
      Search Engine merupakan aplikasi pencari data, informasi, alamat web site lain melalui input kata kunci dan fiture lainnya.

Mailing List
      Mailing List merupakan suatu forum atau kelompok diskusi di internet yang dapat saling bertukar informasi antar sesama anggota.

Chatting
      Chatting adalah ngobrol di internet, baik melalui tulisan, suara, maupun video seperti berbicara bertatap muka.

Oke mungkin itu saja yang bisa saya berikan mengenai artikel ini, semoga dengan apa yang sudah saya berikan ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk like dan follow akun kami untuk mendapatkan info serta update terbaru dari kami. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar anda. Terimakasih.

Previous
Next Post »

► Dilarang meninggalkan link aktif
► Dilarang komentar yang mengandung sara, pornografi dsb.
► Semoga artikel bermafaat
► Terimakasih sudah berkomentar :)
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Powered by Blogger.