Hey sob? kali ini saya akan membagikan sebuah ilmu pengetahuan tentang pelajaran IPA atau Ilmu 
Pengtahuan Alam dalam materi Perbedaan antara Eksresim, Sekresi dan Defekasi. Bagi anda yang diberi tugas atau yang sedang balajar mengenai materi ini bisa simak pembahasannya berikut ini.


Eksresi adalah proses pengeluaran zat sisa metabolisme baik berupa zat cair dan zat gas yang sudah tidak bermanfaat bagi tubuh, bisa menjadi racun (kimiawi).

Ginjal → Urine
Kulit → Keringat
Paru - paru → Co2 + Uap air (H2O)
Hati → Empedu


Sekresi adalah proses pengeluaran zat oleh kelenjar yang masih digunakan didalam tubuh. Zat yang dihasilkan berbentuk lendir (enzim dan hormon oleh sel dan kelenjar).

Dalam tubuh manusia terdapat 2 tipe kelenjar, yaitu kelenjar eksokrin dan kelenjar endokrin.
  • Kelenjar Eksokrin melepaskan sekresinya kedalam dektus pada permukaan tubuh, seperti kulit atau organ internal, seperti lapisan traktus intestinal.
  • Kelenjar Endokrin melepaskan sekresinya langsung kedalam darah, termasuk kelenjar hepar, pankreas (kelenjar eksokrin dan endroin), payudara dan kelenjar lakrimalis untuk mata.
Yang termaksuk kelenjar endorin adalah :
  1. Pulau langerhans pada pankreas
  2. Gonad (Ovarium dan testis)
  3. Kelenjar andrenal, hipofise, tirold dan paratiorit, serta timus hormon dan fungsinya.
Defekasi adalah proses pengeluaran sisa pencernaan atau fases melalui anus.

Oke mungkin itu saja yang bisa kita berikan mengenai artikel "Perbedaan Eksresi, Sekresi dan Defekasi" ini, semoga dengan apa yang sudah kita berikan ini dapat bermanfaat bagi Kalian. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar. Terimakasih.

Post a Comment