Tips Berpidato/Berceramah/Berkotbah


     Kalian tentu sering mendengarkan pidato, ceramah atau khotbah. Agar dapat memperaktikkan pidato yang baik, cermatilah tips cara berpidato berikut ini!.

Beberapa Tips Ampuh Dalam Berpidato
  1. Pahamilah maksud pidato
    Secara garis besar, maksud berpidato terdiri atas: memberitahukan, meyakinkan, berbuat/bertindak, atau menyenankan. Pidato yang betujuan memberitahukan yaitu pidato yang disampaikan pembicara dengan maksud agar pendengar mengerti tentang suatu hal yang belum mereka mengerti. Menyakinkan, yaitu pidato yang isinya mempengaruhi keyakinan atau sikap mental para pendengar. Pembicara berusaha memberikan uraian yang berisi fakta-fakta konkret/argumentasi sehingga pedengar merasa yakin tentang hal yang disampaikan. Berbuat/bertindak, apabila pembicara menghendaki reaksi atau tindakanuntuk melakukan sesuatu kepada pendengar. Menyenangkan, apabila pembicara menyampaikan uraian yang menyenangkan, bernada akrab, dan diselingi humor, Jenis pidato ini misalnya, pidato yang disampaikan pada acara ulang tahun, pesta, jamuan dan sebagainya.
  2. Buatlah draf atau rancangan pidato yang akan kalian sampaikan
    Hal ini bertujuan agar pidato yang akan kalian sampaikan dapat terarah dan tepat sasaran.
  3. Pilihlan metode yang sesuai
    Apakah kalian akan menggunakan metode impromtu/serta merata, metode menghafal, metode naskah, atau metode ekstemporan. Apabila situasi mendadak tanpa persiapan, sebaiknya kalian menggunakan metode impromtu (serta merata). Apabila kalian belum memahami konsep yang akan dibicarakan dan belum bisa benar cara berpidato, kalian bisa menggunakan metode menghafal atau metode naskah. Akan tetapi metode ini akan terasa kaku, karena kalian terpaku pada hafalan atau naskah yang kalian baca. Sebaiknya kalian menggunakan metode ekstemporan, yaitu kalian mempersiapkan draf atau rancangan garis besarnya saja, lalu kalian mengembangkan di atas pentas.
  4. Berlatihlah dengan suara nyaring
    Suara merupakan hal penting dalam berpidato. Kalian perlu berlatih berulang-ulang, agar suara yang kalian keluarkan nyaring, yaitu dapat mudah didengar oleh pendengar.
  5. Tampillan dengan percaya diri, tidak ragu-ragu, dan tidak grogi
    Penampilan anda sangat berpengaruh pada kepercayaan pendengar. Bersikaplah tenang dan percaya diri.
  6. Bersikap bersahabat kepada para pendengar, jujur dan sopan
  7. Ciptakanlah suasana riang, senang, dengan mengungkapkan humor-humor yang segar
  8. Tunjukan pengalaman-pengalaman umum yang juga dialami oleh pendengar, dan berilah rasa penghargaan terhadap pendengar
Oke mungkin itu saja yang bisa saya berikan mengenai artikel ini, semoga dengan apa yang sudah saya berikan ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk like dan follow akun kami untuk mendapatkan info serta update terbaru dari kami. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar anda. Terimakasih.

Previous
Next Post »

► Dilarang meninggalkan link aktif
► Dilarang komentar yang mengandung sara, pornografi dsb.
► Semoga artikel bermafaat
► Terimakasih sudah berkomentar :)
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Powered by Blogger.