Khasiat Tanaman Obat Herbal


Saya punya buku tentang kesehatan nih, ya sekedar berbagi aja. Artikel ini tentang khasiat tanaman-tanaman herbal, baca aja ya.. ;;)

1. ADAS (Feniculum Vulgare Mill)

Khasiat :
Menghilangkan dingin, pereda rasa nyeri sendi, menurunkan kadar asam urat tinggi. Menahan rasa mulas, pelega perut, penambah rasa alami, mengatasi batuk dan sariawan mulut.

Bagian yang digunakan untuk obat :
Buahnya yang sudah masak.

Cara Pengobatan :
3-9 gram buah adas kering direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Atau di giling halus, di seduh dengan secangkir air lalu di minum hangat-hangat 1-2 kali sehari.


2. ALANG-ALANG (Imperata cylindrica(L) Beav.var.mayor(Nees) C.E.Hubb)


Khasiat :
Meluruhkan air seni, pereda rasa nyeri, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Bagian yang digunakan untuk obat :
Akar atau rimpang.

Cara Pengobatan :
20-30 gram rimpang kering direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa 1,5 gelas. Setelah dingin disaring, diminum 3 kali sehari masing-masing setengah gelas.

3. ANDONG (Cordyline fruticosa L)A.Cheval)


Khasiat :
Hemostatik, Antibengkak.
 
Bagian yang digunakan :

Daun.

Cara Pengobatan Batuk darah dan haid terlalu banyak :
Daun andong segar 5 helai;Air secukupnya, Dibuat infus, diseduh atau dipipis,diminum 1kali sehari 100ml. Untuk pipisan diminum 1 kali sehari 1/4 cangkir.


5. BARU CHINA (Artemisia vulgaris L)


Khasiat :
Analgesik; Antelmintik; Diuretik; Spasmolitik; Hemostatik; Stomakik.

Bagian yang digunakan untuk obat :
Seluruh bagian tanaman

Cara Pengobatan :

Nyeri Haid :
Herba baru china 2 g, Daun poko 3g, Rimpang Teki 3g, Herba jung rahab 3g, Air 110ml. Apabila dipipis diminum 1 kali sehari 1/4 cangkir

Wasir :
Herba baru china segar 2 g, Daun wungu segar 7lbr, herba patikan china segar 3g, daun duduk 3g, herba pegagan segar 3genggam, Air 110ml. Pipisan diminum 1x sehari 1/4 cangkir. Pil, diminum 3x sehari 9 pil.

6. BAYAM DURI (Amaranthaceae)



Khasiat :
Menghilangkan panas (anti piretik), peluruh kemih(diuretik), menghilangkan racun (anti toksin) menghilangkan bengkak, menghentikan diare dan membersihkan darah.

Cara pengobatan :

Disentri :
Akar segar 30g dicuci bersih ,ditambah 15gr ula enau dan air bersih secukupnya lalu di rebus hingga sisa 1gelas, minum sebelum makan.

Keputihan :
Akar segar 30-60gr , dicuci bersih ditambahkan sedikit gula batu , digodok dengan 3 gelas air sampai 1 gelas, di saring dan di minum.

Oke mungkin itu saja yang bisa saya berikan mengenai artikel ini, semoga dengan apa yang sudah saya berikan ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk like dan follow akun kami untuk mendapatkan info serta update terbaru dari kami. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar anda. Terimakasih.

Previous
Next Post »

► Dilarang meninggalkan link aktif
► Dilarang komentar yang mengandung sara, pornografi dsb.
► Semoga artikel bermafaat
► Terimakasih sudah berkomentar :)
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Powered by Blogger.