Cara Mengatasi Kartu Memory Yang Rusak/Tidak Terdeteksi


    Hey sob? kali ini saya akan membagikan tips untuk kalian semua pengguna kartu memory terutama memori Micro SD anda yang rusak agar kartu memory anda dapat kembali menjadi tidak rusak lagi. Dijaman yang sekarang ini kartu memory sangatlah penting bagi sebagian besar orang di dunia, terutama pengguna handphone, tetapi bagi pengguna handaphone seharusnya berhati-hati karena memory yang biasa di pakai untuk pengguna handphone sangatlah kecil yang berarti mudah rusak.

Memori eksternal seperti Micro SD biasanya juga memiliki masalah saat menancap pada handphone. Tentunya masalah tersebut akan membuat kita tidak nyaman karena kita tidak bisa membuka file yang ada didalam kartu memori tersebut. Kerusakan pada memori bisa saja karena virus atau masalah sistem didalamnya, namun bisa juga karena masalah hardwarenya atau perangkat fisik dari memori tersebut. Hal yang paling fatal ketika memori tersebut mengalami kerusakan secara fisik, hal tersebut akan sangat sulit untuk kita perbaiki karena kita bukan ahli dalam hal komponen fisik dari suatu rakitan memori. Secara umum kartu memori rusak pada bagian sistem, bukanlah secara fisik.

Beberapa penyebab dari kerusakan memory antara lain:
  • Kita sering mengeluarkan dan memasukkan memory secara sering.
  • Dan juga pengaruh dari medan magnet atau bisa juga karena panas. Biasanya hal tersebut akan menyebabkan memori corrupt.

Bila kalian mendapatkan masalah seperti diatas yaitu kerusakan karena sistem filenya sehingga membuat memory kita hang atau tidak bisa dibuka isinya maka langkah yang dapat anda lakukan yaitu dengan memformat kartu memori.
Kali ini saya akan membagikan bagai mana caranya agar anda dapat memformat memory anda dengan aman, caranya sebagai berikut:


1. Lepaskan terlebih dahulu kartu memori anda dari handphone dengan mengikuti langkah atau aturan yang ada. Biasanya terdapat menu cabut kartu memori sebelum anda melepaskannya dari handphone anda.

2. Lalu masukkan memori anda pada Card Reader dan colokkan pada komputer anda.

3. Selanjutnya cari drive dari kartu memori anda, silakan lihat pada menu windows explorer.

4. Jika memori anda sudah terdeteksi silakan klik kanan dan klik “Format”. Jika muncul pilihan format silakan pilih format file sesuai dengan yang anda inginkan, tetapi saya menganjurkan untuk memilih format file FAT dan tunggu proses hingga selesai. Setelah itu silakan coba buka dan isikan file kemudian masukkan pada handphone anda kembali.


Apabila dengan menggunakan cara diatas muncul pesan eror “windows unable to complete the format” dan komputer anda tidak bisa memformat dengan cara diatas maka gunakan cara lain yaitu sebagai berikut atau kunjungi link disini :
  1. Colokan Flashdisk anda ke komputer/laptop.
  2. Klik Start dan pilih Run.
  3. Kemudian ketik "compmgmt.msc" (tanpa tanda kutip!), dan klik Ok.
  4. Pada bagian Storage, klik Disk Management.
  5. Pada umumnya flashdisk akan terdeteksi dengan sendirinya.
  6. Bila terdeteksi kemudian klik kanan di drive nama flashdisk anda dan pilih Create Partition.
  7. Klik kanan lagi lalu pilih Format.
Bila kartu memori anda tetap tidak bisa, atau tidak terdeteksi sama sekali coba ganti dengan card reader lain. Namun bila tetap tidak bisa kemungkinan kerusakan terjadi dari sisi fisiknya. Tidak ada solusi lain kecuali anda harus menggantinya dengan yang baru.

Oke mungkin itu saja yang bisa saya berikan mengenai artikel ini, semoga dengan apa yang sudah saya berikan ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk like dan follow akun kami untuk mendapatkan info serta update terbaru dari kami. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar anda. Terimakasih.

Previous
Next Post »

3 komentar

Click here for komentar

► Dilarang meninggalkan link aktif
► Dilarang komentar yang mengandung sara, pornografi dsb.
► Semoga artikel bermafaat
► Terimakasih sudah berkomentar :)
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Powered by Blogger.