Cara Jitu Bersikap Untuk Berprestasi


    Hey sob? kali ini saya akan membagikan bagaimanakah sikap untuk berprestasi. Untuk mendapatkan prestasi yang tinggi diperlukan adanya motivasi diri yang tinggi. Kesuksesan yang dicapai setiap orang dalam memprestasi tidak hanya dicapai oleh dirinya sendiri, akan tetapi juga selalu diperlukan bantuan orang lain.

    Bantuan yang dibutuhkan seseorang dalam upaya mencapai prestasi yang tinggi dapat bermacam-macam wujudnya dari yang berupa material, spiritual, dan atau dalam bentuk yang lain. Hal ini sesuai dengan pendapay John Robert Power yang terdapat pada buku Budiyanto, ditanyakan bahwa diri kita merupakan people who make things happening (pelaku yang mampu mewujudkan sesuatu). Pernyataan ini memang membenarkan adanya pernyataan yang menyatakan bahwa seseorang tidak mungkin maraih  sukses tanpa bantuan orang lain.

    Kita harus manyadari bahwa untuk meraih prestasi kunci utamanya berada dalam diri kita sendiri. Tidak adanya semangat untuk berprestasi dalam diri kita sendiri, apa yang kita lakukan tidak ada lagi memiliki arti yang positif bagi diri kita sendiri. Untuk memperoleh hasil yang optimal, kita tidak boleh bersikap pesimis terlabih dahulu. Bangunlah dalam jiwa kita adanya sikap optimis terhadap diri kita sendiri. Dengan memiliki sikap optimis, kepercayaan diri, selalu tertantang untuk menyalesaikan dengan baik adanya berbagai kesulitan yang dihadapi.

Dalam meraih prestasi jangan memiliki perasaan takut dalam menghadapi resiko
    Untuk mendapatkan suatu prestasi, kita harus mampu menghadapi adanya berbagai tantangan yang harus disikapi dengan penuh kesadaran diri. Sebagai orang yang berkeinginan untuk berprestasi jangan memiliki perasaan takut dalam menghadapi resiko. Dari mana sajakah tantangan yang mempengaruhi akan keberasilan suatu usaha itu? Dalam mencapai suatu prestasi memang tidak semudah orang memimpikan. Di hadapan setiap orang tentu saja sudah ada satu tantangan yang menghadang.

    Adapun tantangan yang dapat memberikan pengaruh terhadap setiap usaha yang dilakukan oleh setiap orang ada 2 hal, yaitu:

a.)  Berasal dari diri sendiri, misalnya bakat atau potensi, kecerdasan atau potensi, kecerdasan atau intelektual minat, motivasi, kebiasaan, emosi, kesehatan, dan pengalaman diri, dan
b.) Berasal dari lingkungan, misalnya keluarga, sekolah masyarakat, sarana prasarana, fasilitas gizi, dan tempat tinggal.

    Kedua tantangan tersebut saling mendukung satu sama lain. Prestasi yang dicapai setiap orang akan optimal apabilaantara kemampuan yang dimilki daya yang kuat dan didukung lingkungan positif. Hal ini akan berbeda apabila kemampuan yang dimiliki kurang memiliki daya meskipun dukungan lingkungan optimal prestasi yang diperoleh tetap kurang maksimal. Begitu pula jika kemampuan sudah maksimal akan tetapi dukungan dari lingkungan kurang menggembirakan. Berbagai tantangan ini yang harus kita hadapi sebagai pendorong untuk mencapai prestasi yang kita inginkan.

    Agar apa yang kita usahakan dapat prestasi yang tinggi, A.A Qowiy memberikan sepuluh kiat dalam menghadapi suatu kesulitan supaya dalam hidup dapat berprestasi.
Kesepuluh kiat itu, adalah sebagai berikut:
  1. Bersikap tenang dalam segala tindakan
  2. Memiliki kebiasaan suka berkerja keras
  3. Mampu menikmati indahnya kesulitan
  4. Adanya kemauan menjalin kerja sama saling menguntungkan
  5. Bersikap gigih dalam mencari ilmu
  6. Bersikap tegar dalam menghadapi suatu kesulitan
  7. Dapat mengambil hikmah dari suatu keulitan
  8. Mempunyai keberanian dalam mengambil resiko
  9. Selalu menjalankan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan
  10. Mengambangkan sikap tawakal
    Sedangkan menurut Barbara Bartlein dalam buku Budiyanto, menyebutkan sepuluh kiat untuk mencapai suatu kesuksesan dan prestasi kerja dalam Ten Meansures of Success (Sepuluh Ukuran Kesuksesan), sebagai berikut:
  1. Memberikan sumbangsih pada masyarakat dengan sukarela
  2. Balajar dari kegagalan dan penolakan
  3. Menghabiskan waktunya untuk melakukan apa yang diinginkan
  4. Mempunyai gaya hidup yang sehat secara fisik
  5. Menjaga kehidupan spiritual
  6. Mendapatkan penghasilan yang baik dari hasil perkerjaan yang baik
  7. Mempunyai visi dan tujuan
  8. Memperoleh cinta dan penghormatan dari orang-orang lain disekitar
  9. Berusaha untuk meraih kesempurnaan
  10. Mempercayai bahwa kalian adalah seorang yang sukses
Itu saja mungkin yang bisa saya sampaikan untuk bagaimana menykapi agar menjadi orang yang sukses.

Oke mungkin itu saja yang bisa saya berikan mengenai artikel ini, semoga dengan apa yang sudah saya berikan ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk like dan follow akun kami untuk mendapatkan info serta update terbaru dari kami. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar anda. Terimakasih.

Previous
Next Post »

► Dilarang meninggalkan link aktif
► Dilarang komentar yang mengandung sara, pornografi dsb.
► Semoga artikel bermafaat
► Terimakasih sudah berkomentar :)
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Powered by Blogger.