Pengetahuan Tentang Estadio Santiago Bernabeu


     Hey sob? kali ini saya akan memberi tahu anda bagaimana sekilas tentang stadion kebanggaan Real Madrid yaitu stadion Santiago Bernabeu. Santiago Bernabéu Yeste terpilih menjadi presiden Real Madrid tahun 1943. Di bawah kepemimpinannya, Real Madrid kemudian berhasil membangun Stadion Santiago Bernabéu dan tempat berlatih klub di Ciudad Deportiva yang sebelumnya sempat rusak akibat Perang Saudara Spanyol. Pada 1953, Bernabeu kemudian mulai membangun tim dengan cara mendatangkan pemain-pemain asing, salah satunya adalah Alfredo Di Stéfano.

Pada tahun 1955, berdasar dari ide yang diusulkan oleh jurnalis olahraga Perancis dan editor dari L'Equipe, Gabriel Hanot, Bernabéu, Bedrignan, dan Gusztáv Sebes menciptakan sebuah turnamen sepak bola percobaan dengan mengundang klub-klub terbaik dari seluruh daratan Eropa. Turnamen ini kemudian menjadi dasar dari Liga Champions UEFA yang berlangsung sampai saat ini. Di bawah bimbingan Bernabéu, Real Madrid memantapkan dirinya sebagai kekuatan utama dalam sepak bola, baik di Spanyol maupun di Eropa.

Real Madrid memenangkan Piala Eropa lima kali berturut-turut antara tahun 1956 dan 1960, di antaranya kemenangan 7–3 atas klub Jerman, Eintracht Frankfurt pada tahun 1960. Setelah kelima berturut-turut sukses, Real secara permanen diberikan piala asli turnamen dan mendapatkan hak untuk memakai lencana kehormatan UEFA. Real Madrid kemudian memenangkan Piala Eropa untuk keenam kalinya pada tahun 1966 setelah mengalahkan FK Partizan 2–1 pada pertandingan final dengan komposisi tim yang seluruhnya terdiri dari pemain berkebangsaan Spanyol, sekaligus menjadi pertama kalinya dalam sejarah pertandingan Eropa. Tim ini kemudian dikenal lewat julukan "Ye-ye". Nama "Ye-ye" berasal dari "Yeah, yeah, yeah" chorus dalam lagu The Beatles berjudul "She Loves You" setelah empat anggota tim berpose untuk harian Diario Marca mengenakan wig khas The Beatles. Generasi "Ye-ye" juga berhasil menjadi juara kedua Piala Champions pada tahun 1962 dan 1964.


Stadion Santiago Bernabéu ini termasuk stadion terbesar dan terbaik di dunia, yang paling terkenal dan disukai oleh para pencinta sepakbola. Stadion Santiago Bernabéu memiliki semua yang fasilitas terbaik sebuah stadion, dari bantal untuk tempat duduk, sampai atap semuanya lengkap.

Real Madrid melakukan langkah pertamanya tahun 1900 di "Campo de la Estrada", Spanyol. Klub ini resmi didirikan tahun 1902, dan sampai tahun 1912 bertempat di Narvaez. Stadion pertama yang digunakan Madrid bernama "O'Donnell", yang dibangun pada tahun 1912.

Dua tahun kemudian didirikan Tribune kecil, yang memuat 216 penonton, saat ini stadion telah memiliki Toilet dan kamar mandi untuk pemain. Klub ini resmi memiliki nama Real Madrid pada tahun 1920, ketika raja Alfonso XIII, memberi nama "Real" yang berarti kerajaan. Permainan terahir di O'Donnel adalah ketika melawan Servette Genf tahun 1923. Meningkatnya jumlah penonton memaksa Real Madrid untuk pindah ke stadion "Campo de la Ciudad Lineal" yang memiliki kapasitas 8000 penonton.

Pada tahun 1924, Real Madrid kembali memiliki stadion baru yang bernama Chamartín-Stadion, yang menjadi stadion pertama Real Madrid. Dibuka tanggal 17 Mei 1924 dengan pertandingan RealMadrid melawan Newcastle United. Beberapa tahun kemudian setelah stadion ini hancur karena perang saudara di Spanyol, stadion ini dibuka kembali tahun 1939. Tahun 1943 Real Madrid kembali merencanakan untuk memiliki stadion baru. Chamartín-Stadion yang memiliki kapasitas 22.500 tidak lagi memadai untuk seluruh jumlah penonton.


Tanggal 22 Juni 1944 Real Madrid membeli tanah, yang tiga tahun kemudian, tahun 1947, stadion baru yang memiliki kapasitas 75.342 selesai dibangun. Pada saat itu stadion ini adalah stadion paling modern di Spanyol, pada tahun 1955 diresmikan dengan nama Estadio Santiago Bernabéu. Akhir tahun 1957 Estadio Santiago Bernabéu memiliki kapasitas 125.000 penonton. Tanggal 4 April 1958 adalah rekord pengunjung terbanyak sejumlah 135.000 ketika bertanding melawan Vasas Budapest. Untuk kejuaraan dunia 1982, kembali Estadio Santiago Bernabéu direnovasi, sehingga hanya memiliki kapasitas 90.200 pengunjung. Melalui beberapa perbaikan pada tahun 1992, kapasitas penonton berkurang menjadi 90.000.

Tahun 2002 Estadio Santiago Bernabéu direnovasi ulang, dengan dibangunnya Panorama Restaurant di atas stadion. Kapasitas pengunjung kembali diperkecil menjadi 74.000 pengunjung. 3.300 tempat VIP bisa diraih dengan 8 Lift. Tahun ini juga Estadio Santiago Bernabéu diresmikan menjadi stadion terbaik di dunia dengan mendapatkan ranking 9 bintang.

Apakah Anda tahu Stadion Santiag Bernabeu?

    Awalnya bernama Stadion Chamartin setelah stadion sebelumnya Real Madrid, Bernabeu besar dibuka pada bulan Desember 1947. Real Madrid secara resmi mengadopsi nama resmi saat ini - Stadion Santiago Bernabeu - pada Januari 1955.
    Tanah yang dibangun stadion berbiaya sekitar 20.000 US Dolar pada tahun 1944 dan total biaya konstruksi sebesar USD 275.000.
    Pekerjaan Renovasi dilakukan telah mengurangi kapasitas dari awal 120.000 ribu tempat duduk menjadi kurang lebih 80.000 tempat duduk.
    Arsitek Luis Alemany Soler dan Manuel Munoz Monasterio adalah perancang stadion, dan batu pondasi telah diletakkan pada tanggal 27 Oktober 1944
    Paus Yohanes Paulus II mengunjungi Madrid dan pernah mengumpulkan lebih dari 100.000 anak-anak Spanyol di Stadion Santiago Bernabeu pada tahun 1982.

Oke mungkin itu saja yang bisa saya berikan mengenai artikel ini, semoga dengan apa yang sudah saya berikan ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk like dan follow akun kami untuk mendapatkan info serta update terbaru dari kami. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar anda. Terimakasih.

Previous
Next Post »

► Dilarang meninggalkan link aktif
► Dilarang komentar yang mengandung sara, pornografi dsb.
► Semoga artikel bermafaat
► Terimakasih sudah berkomentar :)
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Powered by Blogger.