Peran Informatika dan Telekomunikasi dalam industri Kreatif



    Hey sob? Gimana nih kabarnya Anda sekarang? Semoga Anda diberikan kesehatan selalu yah, hehehe. Yah langsung saja, kali ini Saya akan membahas tentang Peran Informatika dan Telekomunikasi dalam industri Kreatif, mungkin sebagian besar orang jarang mendengar kata-kata tersebut, tetapi Saya yakin tidak semua orang didunia ini yang tidak mengetahui hal yang seperti itu. Maka dari itu Saya akan membahas tentang Peran Informatika dan Telekomunikasi dalam industri Kreatif agar kalian semua mengerti betul hal yang seperti ini sebenarnya penting bagi kalian semua terutama bagi Anda yang sedang berkecimpung dalam industri kreatif.

Perkembangan teknologi informasi yang sangat luar biasa pada dunia ini, membuat banyak orang memanfaatkan teknologi canggih yang sudah ada pada saat ini seperti komputer, handphone dan lainnya. Dan bagi sebagian besar industri kreatif ini adalah sebuah peluang besar untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dari industri yang memanfaatkan teknologi informasi. Sebelum kita membahas Peran Informatika dan Telekomunikasi dalam industri Kreatif lebih jauh, alangkah baiknya kalian mengetahui arti dari masing-masing kata tersebut.

Nah, kita akan membahas satu persatu dari makna kata-kata Peran Informatika dan Telekomunikasi dalam industri Kreatif. Yang pertama adalah kata Peran, Peran sendiri dalam kamus besar bahasa indonesia disebut juga dengan tingkah laku atau bertindak, arti kata bertindak ini adalah sebagai tindakan dalam ke-ikut sertaan suatu program yang sudah ada sebelumnya. Lalu kita bahas kata yang kedua yaitu Informatika, Informatika sendiri bagi Saya adalah kata yang tidak mudah untuk dijelaskan karena banyak sumber yang berpendapat berebeda akan hal yang bernama Informatika, meskipun hanya terdiri dari satu suku kata, Informatika mempunyai banyak arti dari berbagai pihak, tetapi Saya akan menjelaskan kesimpulan dari beberapa pihak yang Saya tidak sebutkan asalnya, jadi Informatika itu adalah ilmu yang mempelajari mengenai pengumpulan dan pemrosesan data sampai menjadi informasi bagi pengguna. Selanjutnya kita bahas kata yang ketiga yaitu dan, dan adalah kata yang tidak perlu kita bahas karena kalian semua pastinya juga sudah mengerti akan kata tersebut, ehehehe. Lanjut saja ke kata yang ke-4 yaitu Telekomunikasi, Telekomunikasi terdiri dari dua kata yaitu "Tele" dan "Komunikasi". "Tele" yang berarti jauh dan "Komunikasi" yang berarti suatu proses dimana seseorang atau beberapa orang menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain, jadi Telekomunikasi itu adalah suatu hubungan antar orang atau lebih yang dipisahkan oleh jarak yang jauh. Lanjut ke pembahasan kata yang ke-5 yaitu dalam, dalam adalah sebuah kata yang menunjukan arti kata mencakup sebuah hal pada hal-hal tertentu, kata dalam juga dapat berarti berbeda sesuai dengan hal apa yang dimaksudnya. Selanjutnya kita bahas kata yang ke-6 dan ke-7 biar cepet hehehe. Kata yang ke-6 dan ke-7 adalah Industri dan Kreatif, Industri adalah usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah menjadi barang jadi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan sedangkan Kreatif adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu hal yang baru yang sebelumnya belum terfikirkan oleh orang lain.

Oke, jika kalian sudah dapat memahami arti kata per kata dari Peran Informatika dan Telekomunikasi dalam industri Kreatif, berarti Anda sudah tinggal melaksanakan peran tersebut sesuai dengan industri yang ingin Anda jalani ataupun yang Anda sedang jalani. Banyak didunia ini industri kreatif yang erat hubungannya dengan teknologi, seperti :
  1. Periklanan
    Periklanan dijaman sekrang memang sudahlah canggih, mungkin Anda pernah melihat iklan reklame yang ada di sepanjang jalan, tetapi dijaman sekarang ini teknologi sudah merubah semuanya, dijaman sekarang ini periklanan di dunia maya-pun banyak di minati oleh berbagai perusahaan karena pengguna internet yang semakin hari semakin tinggi penggunanya.
     
  2. Fashion
    Industri kreatif dibidang Fashion memang banyak diminati oleh usahawan, Fashion juga terkait dengan kreasi desain pakaian, disain tas, dompet dan desain aksesoris model lainnya yang membutuhkan teknologi canggih seperti komputer untuk membuat desainya. Disaat pemilik industri kreatif memasarkan produk mereka dengan cara offline atau langsung di tempat, mereka juga seharusnya memanfaatkan teknologi seperti telekomunikasi untuk memudahkan pelanggan dapat memesan barang, dengan begitu ekonomi dari si pemilik perusahaan dapat berkembang dengan lebih baik.
Sebenarnya masih ada banyak lagi industri kreatif yang sangat berhubungan dengan teknologi seperti arsitektur, penerbitan dan percetakan, layanan komputer, dan masih banyak lainnya, tetapi Saya hanya menampilkannya dua saja karena kalian juga pastinya sudah mengerti akan hal tersebut. Dari dua industri kreatif yang Saya sudah berikan itu memberikan kesimpulan bahwa peran dari informatika dan telekomunikasi bagi industri kreatif itu memang penting dan sangat berguna untuk menunjang pertumbuhan ekonomi industri khususnya industri di tanah air ini.

Yeah, mungkin itu saja yang bisa Saya berikan mengenai Peran Informatika dan Telekomunikasi dalam industri Kreatif, semoga apa yang Saya tulis disini dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya para pemilik industri kreatif. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan dan jika Anda ingin bertanya silahkan isi kolom komentar Anda.

Previous
Next Post »

► Dilarang meninggalkan link aktif
► Dilarang komentar yang mengandung sara, pornografi dsb.
► Semoga artikel bermafaat
► Terimakasih sudah berkomentar :)
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Powered by Blogger.