Cara Mudah Mempercepat Kinerja Komputer Dengan Flashdisk


    Hay sob? kali ini saya akan memberikan sebuah cara untuk mempercepat sebuah kinerja komputer anda hanya dengan flashdisk. Mungkin sebagian besar orang hanya mengenal flashdisk berfungsi sebagai tempat penyimpanan data saja, namun itu sangat salah, karena sebenarnya banyak yang dapat anda lakukan dengan benda kecil ajaib anda itu, Salah satu fungsinya yaitu kita akan bahas disini.

Flashdisk yang awalnya hanya di disain untuk tempat menyimpan data kini sudah dapat digunakan sebagai RAM. Bagi anda yang kumputernya masih Pentium 4 kebawah atau yang RAM-nya rendah mungkin bisa mengikuti cara ini, karena RAM yang semakin mahal dan Flashdisk pun juga lebih murah dari pada RAM, maka dari itu flashdisk sekarang bisa sebagai tambahan RAM yang anda punya.

RAM atau kepanjangannya adalah Random Access Memorry adalah sebuah tempat penyimpanan komputer yang isinya dapat di akses dalam waktu yang tetap dan tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memory, selain itu RAM juga merupakan salah satu jenis memory internal yang menentukan kemampuan kinerja komputer anda. Memory internal juga biasa disebut juga dengan (main memory) sedangkan momory primer biasa disebut juga dengan (primary memory). Komponen ini berfungsi sebagai pengingat. Jadi semakin besar RAM yang kita miliki semakin baik kinerja komputer yang kita miliki, namun juga tetap menjaga kestabilan komponen hardware lainnya agar stabil.


Kali ini untuk cara menambah RAM menggunakan software yang bernama EBoostr. EBoostr merupakan pengembangan dari ReadyBoost dan SuperFetch yang biasa ada di Windows. Software ini dibuat untuk meningkatkan kapasitas memory RAM, selain itu software ini dilengkapi dengan fitur smart caching sehingga aplikasi dan perangkat USB dan Non Removable Media Device seperti CF, SD/SDHC, MMC, dsb serta dapat menggunakan memory Harddisk yang kosong untuk dialokasikan sebagai cache.


Oke tidak usah panjang lebar lagi, kali ini langsung saja ke cara menambah memory RAM anda dengan flashdisk, namun ada yang harus diperhatikan, perangkat USB hanya bisa berjalan cepat jika port USB pada komputer sudah versi 2.0. Oke jika memenuhi syarat langsung saja ikuti langkah berikut.


Cara Memakai EBoostr

1. Download dan extract file EBoostr.

2. Jalankan EBoostr.exe dan tunggu sampai proses instalasi selesai.

3. Setelah instalasi selesai, Restart komputer anda.

4. EBoostr akan berjalan secara otomatis.

5. Untuk membuat flashdisk menjadi memory RAM, masukan flashdisk ke komputer.

6. Lalu klik add.

7. Setelah itu pilih flashdisk yang akan anda jadikan memory RAM.

8. Lalu tentukan ukuran cache (kalau bisa jangan diubah, tetap posisi default).

9. Setelah itu klik "OK" dan tunggu. Proses yang berjalan akan berlangsung lama tergantung berapa besar cache yang digunakan sebagai memory RAM.

10. Setelah semua sudah selesai akan ada informasi, lalu klik "OK".

11. Selesai. 

#NB : Jika ingin shut down komputer, harap eject terlebih dahulu agar tidak terjadi error.


Link Download EBoostr

Oke mungkin itu saja yang bisa saya berikan mengenai artikel ini, semoga dengan apa yang sudah saya berikan ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk like dan follow akun kami untuk mendapatkan info serta update terbaru dari kami. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar anda. Terimakasih.

Previous
Next Post »

► Dilarang meninggalkan link aktif
► Dilarang komentar yang mengandung sara, pornografi dsb.
► Semoga artikel bermafaat
► Terimakasih sudah berkomentar :)
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Powered by Blogger.