10 Nama-nama Malaikat dan Tugasnya Masing-masing


Nama-nama Malaikan dan Tugasnya Masing-masing
  1. Malaikat Jibril
          Malaikat Jibril dikenal juga sebagai penghulu para malaikat. Ia adalah satu dari tiga malaikat yang namanya diesbut dalam al-Qur'an. Nama Malaikat Jibril disebut dua kali dalam al-Qur'an yaitu pada Q.S al-Baqarah/2:97-98 dan Q.S. at-Tahrim/66:4. Malaikat Jibril memilki beberapa nama lain atau julukan, diantaraya adalah Ruh al-Amin dan Ruh al-Qudus. Adapun tugas utamanya adalah menyampaikan wahyu dari Allah Swt. Kepada para nabi dan rasul-Nya.

  2. Malaikat Mikail
           Malaikat Mikail adalah malaikat yang diberi tugas untuk mengatur urusan makhluk Allah Swt. Sekaligus mengatur rezeki terutama kepada manusia. Ia bertugas mengatur air, menurunkan hujan/petir, membagikan rezeki kepada manusia, tumbuh-tumbuhan juga hewan-hewan dan lain-lainnya di muka bumi ini. Malaikat Mikail termasuk salah satu malaikat yang menjadi pembesar seluruh malaikat selain Malaikat Jibril.

  3. Malaikat Izrail
           Malaikat Izrail diberi tugas mencabut nyawa semua makhluk termasuk dirinya sendiri. Ia dikenal juga dengan sebutan Malaikat Maut. Ia merupakan salah satu dari emat malaikat utama selain Jibril, Mikail dan Israfil.

  4. Malaikat Israfil
            Malaikat Israfil diberi tugas menium sangkakala. Israfil selalu memegang terompet suci yang terletak di bibirnya selama berabad-abad, menunggu perintah dari Allah Swt. Untuk meniup pada hari kiamat. Pada hari itu ia akan turun ke bumi dan berdiri di batu/bukit suci di Jerusalem. Tiupan pertama akan menghancurkan dunia beserta isinya, tiupan kedua akan mematikan para malaikat dan tiupan ketiga akan membangkitkan orang-orang yang telah mati dan mengumpulkan mereka di Padang Mahsyar.

  5. Malaikat Munkar
           Malaikat Munkar diberi tugas untuk bertanya kepada orang yang sudah meninggal/mati di alam kubur bersama Malaikat Nakir.

  6. Malaikat Nakir
           Malaikat Munkar dan Malaikat Nakir adalah dua malaikat yang bertugas menanyakan dan menguji iman orang yang sudah mati di alam kubur. Pemeriksaan akan dimulai ketika pemakaman selesai dan orang terakhir dari jemaah pemakaman telah melangkah 40 langkah dari kuburan.

  7. Malaikat Raqib
           Malaikat Raqib bertugas mencatat segala amal kebaikan manusia. Ia bersama Malaikat 'Atid yang mencatat amal buruk berjalan beriringan. (Q.S Qaf/50:18). Dari Anas ra,. dari Nabi Muhammad saw., Sabdanya : " Sesungguhnya Allah Swt. telah menugaskan dua malaikat untuk menulis segala apa yang dilakukan atau dituturkan oleh seseorang hamba-Nya (Satu di sebelah kanannya dan yang satu lagi di sebelah kirinya); kemudian apabila orang itu mati, Tuhan perintahkan kedua malaikat itu dengan firman-Nya, "Hendaklah kamu berdua tinggal tetap di kubur hamba-Ku itu serta hendaklah kamu mengucap tasbih, tahmid dan takbir hingga ke hari kiamat dan hendaklah kamu menulis pahalanya untuk hamba-Ku itu." (H.R Abu al-Syeikh dan Tabrani).

  8. Malaikat 'Atid
          Malaikat 'Atid adalah bertugas mencatat segala amal keburukan manusia. Kedua malaikat ini (Raqib dan 'Atid) sangat jujur dan tak pernah bermaksiat kepadaa Allah Swt. Mereka mencatat dengan penuh ketelitian, sehingga tidak ada satu pun keburukan untuk mengolah, menganalisis, menyimpulkan apalagi menjatuhkan vonis. Mereka hanya menyetor data, semua keputusan ada pada Maha kasih-sayang Allah Swt.

  9. Malaikat Malik
          Malaikat Malik adalah pemimpin malaikat yang bertugas di neraka. Malaikat Malik disebut dalam (Q.S. Az-Zukhruf/43:77:).

  10. Malaikat Ridwan 
         Malaikat Ridwan diberi tugas menjaga dan mengawasi surga serta menyambut semua hamba Allah Swt. yang akan masuk ke dalamnya. Ia sangat ramah menyambut dan mempersilahkan orang-orang yang akan masuk ke dalam surga
Oke mungkin itu saja yang bisa saya berikan mengenai artikel ini, semoga dengan apa yang sudah saya berikan ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk like dan follow akun kami untuk mendapatkan info serta update terbaru dari kami. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar anda. Terimakasih.

Previous
Next Post »

► Dilarang meninggalkan link aktif
► Dilarang komentar yang mengandung sara, pornografi dsb.
► Semoga artikel bermafaat
► Terimakasih sudah berkomentar :)
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Powered by Blogger.