Cara Membuat Presentasi PowerPoint Yang Menarik


      Hai di sini saya akan membagikan kepada sobat, Bagaimana Cara Membuat Presentasi PowerPoint yang menarik. Disini saya sudah membuat tutorial bagi sobat untuk membuat presentasi. Berikut ada beberapa tips dari admin tentang power point yang baik dan benar.
  • Tidak Berbelit-belit
    Sudah jelas bahwa dari software yang kita pakai adalah "Power Point". Jadi apa yang sobat dapat dari kata tersebut? "Power" yang artinya "kekuatan" dan "Point" yang artinya memang point. Jadi disini sobat hanya menyampaikan poin-poin penting saja yang sobat tampil kan, bukan hal hal yang membosankan

  • Presentasi Harus Menarik
    Presentasi yang menarik akan membuat orang yang melihatnya tertarik akan tampilan dari power point sobat, disini sobat memerlukan kreativitas sobat sendiri. Dan saya sarankan bagi sobat yang pusing dan tidak tahu harus berbuat apa agar power point sobat menarik, sobat bisa mencari refensi nya di google atau pun jika sobat memiliki beberapa game yang bagus, sobat juga bisa mengambil referensi dari sub menu game tersebut. Karena disini admin akan memberikan tutorial power point hasil referensi dari tampilan game Dota 2. Sobat bisa lihat gambar dibawah, referensi dan hasilnya.
gambar tampilan sub menu game Dota 2

ini adalah hasil Presentasi yang saya buat

         Nah dari tampilan game saja, kita sudah membuat tampilan PowerPoint yang cukup menarik. Oke langsung saja sobat lanjutkan bagaimana cara membuat Presentasi Yang Menarik.

1. Siapkan Referensi Tampilan PowerPoint
     Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, ada banyak sekali referensi yang bisa sobat dapatkan, bahkan dari sebuah game sekalipun. di sini saya membuat bagian atas PowerPoint dengan "Shape". Sobat bisa lihat gambar dibawah.


     Dari gambar di atas, sobat bisa lihat bahwa ada 2 kotak utama di tengah yang sedikit transparant. sobat bisa mengaturnya. Klik kanan pada shape yang akan diubah jadi transparant > Pilih Format Shape yang berada paling bawah > akan muncul sebuah jendela baru disebelah kanan > Klik gambar kaleng chat tumpah > akan ada dua pilihan, Fill dan Line > Klik Fill dan kemudian sobat cari transparency > atur dengan kebutuhan sobat sendiri.


2. Membuat Sebuah Tombol
     Karena dibagian atas PowerPoint terdapat "Home" "5 Software Pembuat Animasi" dan sebagainya. Maka kita akan membuat Shape tersebut menjadi tombol. Pertama sobat pilih shape yang akan dijadikan tombol > Kemudian di sebelah atas PowerPoint, sobat klik INSERT > Klik Action yang bergambar Bintang berkotak > Lalu akan muncul jendela baru, ada 2 Tab di jendela tersebut, Mouse Click adalah apa yang akan terjadi jika sobat mengklik Shape tersebut, dan Mouse Over adalah apa yang akan terjadi jika mouse di arahkan ke Shape tersebut > Karena kita akan membuat tombol, maka sobat pilih Mouse Click dan pilih Hyperlink to > Karena saya membuat Shape Home dan Exit, saya sarankan untuk Home adalah First Slide, dan Exit adalah End Show, untuk mengakhiri Presentasi. dan untuk Shape Lainya, plih Slide, untuk memilih akan berpindah ke slide barapakah saat kita meng-klik Shape tersebut. Untuk lebih jelasnya, sobat bisa lihat ScreenShoot di bawah.



3. Membuat animasi 

          Dari Screen Shoot di atas, saya membuat animasi tipe "line", sobat bisa membuat animasi tersendiri disetiap Shapenya, agar presentasi sobat menjadi lebih menarik. Oke seperti biasa, sobat klik Shape mana yang akan dianimasikan > Kemudian sobat piih ANIMATIONS yang ada disebelah atas PowerPoint > Lalu pilih Add Animation > dan disini sekali lagi kreativitas sobat diuji > sobat harus memilih tipe animasi sajakah yang harus di letakan pada Shape tersebut, karena jika animasinya terlalu berbelit-belit atau berlebihan, hanya akan mengurangi nilai "ketertarikan" presentasi sobat. Untuk lebih jelasnya, sobat bisa melihat Gambar dibawah.



Untuk tambahan, sobat bisa lihat ada bagian yang sudah saya tandai. Kebanyakan orang tidak mementingkan bahkan tidak mau lihat-lihat bagian ini, padahal ini adalah bagian penting dimana animasi sobat dibuat lebih menarik lagi. Berikut penjelasan dari setiap nomor.
  1. Animation Pane
    Animation Pane berguna untuk memunculkan jendela animasi baru disebelah kanan, memperlihatkan apa sajakah dan kapankah animasi tersebut memulai.

  2. Trigger
    Trigger adalah kapan animasi sobat akan dijalankan, misal animasi Shape Exit akan dijalankan ketika User mengklik Shape Home.

  3. Start
    Akan ada 3 pilihan di Start. On Click > Adalah animasi akan berjalan ketika mouse ditekan Klik Kiri. With Previous > Animasi Shape tersebut akan dimulai bersamaan dengan animasi shape lain yang berjalan sebelum Shape tersebut. After Previous > Animasi akan berjalan         ketika animasi sebelum nya sudah selesai. Untuk lebih jelas melihat "Yang Mana Kah Animasinya Berjalan Dahulu" Sobat bisa lihat di Animation Pane.
Oke mungkin itu saja yang bisa saya berikan mengenai artikel ini, semoga dengan apa yang sudah saya berikan ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk like dan follow akun kami untuk mendapatkan info serta update terbaru dari kami. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar anda. Terimakasih.

Previous
Next Post »

► Dilarang meninggalkan link aktif
► Dilarang komentar yang mengandung sara, pornografi dsb.
► Semoga artikel bermafaat
► Terimakasih sudah berkomentar :)
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Powered by Blogger.