Apa itu Apresiasi Karya Sastra ?


        Hey sob? kali ini saya akan memeberikan sebuah pembelajaran bahasa indonesia yaitu apesiasi karya satsra, apa sih apresiasi karya sastra itu? oke bagi anda yang ingin belajar atau yang sedang mempelajari tentang materi ini disekolah bisa simak pemabahsan berikut ini.

        Apresiasi Sastra merupakan salah satu bentuk reaksi kinektik dan reaksi verbal seorang pembaca terhadap karya sastra yang di dengar atau yang di bacanya. Kata apresiasi di serap dalam kata bahasa inggris Apreciation (Penghargaan). Apresiasi sastra berarti penghargaan terhadap karya sastra, apresiasi sastra berusaha menerima karya sastra sebagai suatu yang layak di terima dan mengakui nilai-nilai sastra sebagai suatu yang benar. Penghargaan karya sastra ini dilakukan melalui proses bertahap yaitu.

Tahap-tahap Penghargaan Karya Sastra
  1. Tahap Mengenal dan Menikmati
    Pada tahap ini kita berhadap dengan suatu karya kemudian kita mengambil suatu tindakan berupa membaca, melihat dan menonton dan mendengar suatu karya sastra

  2. Tahap Menghargai
    Pada tahap ini kita merasakan manfaat atau nilai sastra yang telah dinikmati, manfaat disini berkaitan dengan kegunaan karya sastra tersebut, misalnya memberi kesehatan, hiburan, kepuasan serta memperluas wawasan dan pandangan hidup.

  3. Tahap Pemahaman
    Pada tahap ini kita melakukan tindakan meneliti serta menganalisi unsur-unsur yang membangun karya sastra, baik unsur Interinstik maupun unsur Entrinstiknya.

  4. Tahap Penghayatan
    Pada tahap ini kita membuat analisis lebih lanjut dari tahap sebelumnya, kemudian membuat interaksi atau penafsiran terhapat karya sastra, menyusun argumen berdasarkan analisis yang pernah di lakukan pada tahap sebelumnya.

  5. Tahap Aplikasi (Penerapan)
    Segala nilai, ide, wawasan yang diserap pada tahap-tahap terdahulu Internalisasi dengan baik sehingga masyarakat penikmat sastra dapat mewujudkan nilai-nilai tersebut dalam sikap dan tingkah laku-sehari-hari, dengan demikian kegiatan apresiasi sastra diartikan sebagai suatu proses mengenal, menikmati, memahami dam menghargai suatu karya sastra secara sengaja, sadar, dan kritis, sehingga tumbuh pengartian dan penghargaan terhadap sastra.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. 
  1. Kata bahasa, kata-kata gaya bahasa yang dipakai dalam kitab-kitab bukan habasa sehari-sehari.
  2. Karya tulis yang jika di bandingkan dengan tulisan lain memiliki berbagai ciri unggula seperti keaslian, keartistika, keindahan dalam isi dan ungkapannya, 
Ciri karya sastra adalah sebagai berikut.
  1. Karya sastra itu memberikan hiburan dalam lubuk hati manusia yang terbatri kekecintaan akan keindahan, manusia adalah makhuk yang suka kindahan, karya sastra merupakan ekspresi keindahan itu, karena itu karya sastra yang baik selalu menyenangkan.
  2. Sastra menunjukan kebenaran hidup, manusia dalam karya sastra terungkap berbagai pengalaman hidup manusia, baik, buruk benar, salah menyenangkan, menyedihkan dan sebagainya, karena itu manusia lain dapat memetik pelajar dari karya sastra tersebut.

Previous
Next Post »

► Dilarang meninggalkan link aktif
► Dilarang komentar yang mengandung sara, pornografi dsb.
► Semoga artikel bermafaat
► Terimakasih sudah berkomentar :)
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Powered by Blogger.