5 Penyebab dan Solusi Komputer Lambat dan Berat

Penyebab dan Solusi Komputer Lambat dan Berat

        Hey sob? kali ini saya akan membahas kenapa sebuah laptop atau komputer pc yang digunakan terkadang sering lemot atau lelet atau juga lambat serta berat dan sebagainya, nah dengan berbagai orang yang mengalami masalah tersebut pastinya ada penyebabnya, jika anda mengetahui penyebab dari masalah komputer anda kenapa bisa menjadi lemot mungkin nantinya anda juga akan menjadi tahu apa yang harus anda lakukan untuk komputer anda agar berjalan lancar kembali dengan solusi yang anda pikirkan sendiri, hayoo mikir.

        Tidak sedikit orang yang memiliki sebuah perangkat komputer seperti laptop, pc ataupun notebook yang merasa kecewa ketika perangkat komputernya tersebut sering sekali berjalan dengan lambat dan akhirnya membeli dengan perangkat komputer yang baru dengan spesifikasi yang lebih tinggi dari yang sebelumnya ia miliki, tindakan seperti ini memang tidak salah, namun kalau anda tidak tahu akan penyebab komputer menjadi berjalan sangat lambat hingga crash atau hang mungkin anda akan mengalami hal yang sama meskipun perangkat komputer yang anda miliki sudah lebih tinggi spesifikasinya. Oke bagi anda yang penasaran dengan apa saja penyebab dari lambannya sebuah komputer yang anda miliki bisa simak pembahsan berikut ini.

5 Masalah Penyebab Komputer menjadi Lemot

  1. Cache Tidak Pernah Di bersihkan
    Yap, mungkin bagi anda yang tidak mempelajari atau tidak mengetahui lebih jauh tentang komputer pasti anda akan binggu jika anda dihadapkan dengan pertanyaan menhapus sebuah cache pada komputer, cache ini merupakan sebuah data-data yang tersimpan dalam komputer yang bersifat semi-permanent, artinya anda bisa menghapusnya kapanpun dan dimanapun tanpa bisa dikembalikan kembali, cache ini juga tidak terlalu penting karena cache hanya menyimpan sebuah data-data yang ringan seperti history browser, junk files dan sebagainya.

    Untuk solusi mengatasi Cache yang tidak pernah dihapus ialah menghapusnya, dengan cara menggunakan software aplikasi tambahan seperi CCleaner atau sejenisnya.

  2. Terlalu Banyak Program yang Berjalan
    Ada yang harus anda ketahui bahwa cpu memiliki daya proses yang terbatas, ambil saja sebuah contoh jika anda memiliki sebuah komputer dengan processor Pentium 4 dan RAM 1 GB, dengan spesifikasi yang minimun anda juga harus menyesuaikan program yang berjalan, jangan sampai anda membuka beberapa program berat sekaligus dan membuat cpu komputer anda tidak mampu untuk memprosesnya sehingga komputer terasa berat.

    Untuk solusi Banyaknya program yang berjalan, anda harus mengetahui seberapa banyak program yang anda bisa buka tergantung dengan spesifikasi pada komputer yang anda miliki, anda bisa pantau program anda yang berjalan dengan cara membuka "Task Manager".

    Baca juga : Cara Mengatasi Disk Usage 100% pada Windows

  3. Terlalu Banyak Program yang Terinstall
    Semakin banyak program aplikasi yang terinstall pada komputer anda dapat mempersimpit ruang dari harddisk yang anda miliki, selain itu juga dapat memungkinnya menyebabkan program berjalan secara berlebihan seperti no.2

    Untuk mengetasi komputer yang memiliki banyak program ialah mensaring software aplikasi yang mana yang penting dan yang mana yang tidak terlalu penting, jika anda memiliki aplikasi yang tidak terlalu penting terinstall di komputer anda, anda bisa mengunistall program tersebut.

  4. Komputer Memiliki Banyak Virus
    Virus adalah musuh komputer yang harus anda hindari karena virus dapat merusak data-data pada komputer anda, jika 1 data sistem saja yang terhapus oleh virus, bukan tidak mungkin bahwa komputer anda akan berjalan secara tidak normal alias berat, dan bisa saja sering terjadi crash atau hang.

    Untuk solusi komputer yang memiliki virus anda bisa mengintall Antivirus yang terpercaya, dan jika data program windows yang anda miliki terhapus oleh virus anda bisa menggunakan aplikasi bawaan windows yaitu sebuah aplikasi Recovery, untuk mengembalikan data yang kurang atau hilang

  5. Kurang Perawatan pada Komputer
    Ini juga tidak kalah penting, merawat serta menjaga sebuah fisik komputer merupakan hal yang wajib anda lakukan karena jika anda memiliki komputer atau laptop yang penuh dengan debu dan kotoran ini dapat menurunkan kinerja dari komputer anda menjadi lebih lambat, selain itu komponen pada komputer anda juga harus di bersihkan seperi RAM yang dibersihkan dengan penghapus dan sebagainya, namun untuk membersihkan komponen komputer anda harus berhati-hati.

Oke mungkin itu saja yang bisa saya berikan mengenai artikel ini, semoga dengan apa yang sudah saya berikan ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk like dan follow akun kami untuk mendapatkan info serta update terbaru dari kami. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar anda. Terimakasih.

Previous
Next Post »

► Dilarang meninggalkan link aktif
► Dilarang komentar yang mengandung sara, pornografi dsb.
► Semoga artikel bermafaat
► Terimakasih sudah berkomentar :)
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Powered by Blogger.