Cara Setting dan Ubah Resolusi DPI pada Photoshop


        Hey sob? kali ini saya akan membahas bagaimana caranya untuk mensetting atau merubah sebuah resolusi atau resolution DPI pada software pengolah gambar terbaik yaitu Photoshop. Mungkin bagi sebagian dari anda ada yang belum mengerti cara mensetting dan mengubah sebuah pengaturan dpi pada photoshop oleh karena itu saya akan memberikan cara ini untuk kalian semua.

        DPI (Dots Pixel Inch) atau PPI dalam bahasa indonesia (Piksel per Inci) ini sangat beragam, pada awal kemunculan monitor atau alat penampil gambar kebanyakan mengharuskan gambar memiliki setidaknya 72 dpi atau yang paling tinggi hingga 300 dpi untuk maximalnya. Karena produksi monitor dan sejenisnya semakin canggih setiap tahunnya maka penggunaan DPI ini juga sangat beragam dan aturan dalam penyettingan dpi ini sudah hampir ditinggalkan.

        Mungkin anda pernah mengikuti sebuah ajang lomba atau ditugaskan untuk membuat gambar lewat photoshop atau jenisnya yang menggunakan pengaturan dpi tetap seperti wajib menggunakan resolusi 300 dpi, ini bertujuan untuk memaksimalkan sebuah gambar agar mudah untuk dilihat dan di olah menjadi desain yang nyata. Oke tidak usah panjang lebar lagi langsung saja ke cara penyettingan dan cara merubah resolusi dpi pada photoshop.

Cara Mensetting Resolution DPI pada Photoshop

1. Buka Adobe Photoshop yang anda miliki.

2. Lalu anda klik  menu "File - New" atau Ctrl+N.

3. Setelah itu anda atur ukuran gambar sesuai dengan keinginan anda, untuk pengaturan resolusi DPI anda bisa isi pada kolok "Resolution" seperti gambar.


4. Terakhir Klik "OK".

Cara Merubah Settingan Resolution DPI pada Photoshop

1. Buka Adobe Photoshop yang anda miliki.

2. Lalu anda klik menu "File - Open" atau Ctrl+O.

3. Setelah itu anda pilih gambar yang anda inginkan.


4. Jika sudah anda bisa klik menu "Edit - Image Size".

5. Disana terdapat kolom "Resolution" dan ganti resolusi dpi yang anda inginkan disana.


6. Terakhir klik "OK" dan lihat hasilnya.

7. Jangan lupa untuk Save kembali dengan cara klik menu "File - Save as" atau Ctrl+S.

Oke terus bagaimana cara melihat sebuah resolusi dpi pada sebuah gambar? oke bagi anda yang penasaran dengan bagaimana cara melihat resolusi dpi pada gambar yang anda miliki bisa ikuti cara berikut ini.

Cara melihat Resolusi DPI pada Gambar yang dimiliki

1. Klik kanan pada gambar yang anda pilih


2. Lalu klik "Properties".


3. Setelah itu anda masuk pada menu "Details" untuk melihat seluruh pengaturan pada sebuah gambar yang anda miliki termasuk pengaturan resolusi dpi pada gambar anda.

Oke mungkin itu saja yang bisa saya berikan mengenai artikel ini, semoga dengan apa yang sudah saya berikan ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk like dan follow akun kami untuk mendapatkan info serta update terbaru dari kami. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar anda. Terimakasih.

Previous
Next Post »

► Dilarang meninggalkan link aktif
► Dilarang komentar yang mengandung sara, pornografi dsb.
► Semoga artikel bermafaat
► Terimakasih sudah berkomentar :)
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Powered by Blogger.