Macam-macam Indera dan Fungsinya

Definsi lengkap Macam-macam Indera dan Fungsinya

       Hey sob? kali ini saya akan memberikan sebuah pembahsan tentang Indera. Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Panca Indera yang terdiri dari 5 Indera yaitu Mata, Telinga, Lidah, Hidung dan Kulit. Indera ini dipelajari dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam atau IPA namun bagi anda yang ingin lebih jelas lagi tentang fungsi dari masing-masing indera bisa perhatikan pembahasan berikut ini. Indera manusia terdiri atas mata, telinga, lidah, hidung, kulit, pembahasannya bisa lihat di bawah ini.

Definisi 5 Indera Manusia
  1. Mata (Indera Pengelihatan)
    Indera Mata berfungsi untuk menangkap rangsang cahaya (fotoresepter). Bagian mata yang paling peka terhadap rangsang cahaya adalah bagian retina mata. Di dalam retina terdapat banyak sel penangkap rangsang cahaya. Diantaranya sel bentuk batang (basilus) berperan menangkap rangsang cahaya lemah dan tidak berwarna. Sel ini mengandung senyawa kimia rodopsin. Sedangkan sel berbentuk kerucut (conus) banyak mengandung iodopsin yaitu pigmen berwarna. Sel bentuk kerucut menangkap rangsang cahaya kuat dan berwarna.

  2. Telinga (Indera Pendengaran)
    Secara fisiologis telinga memiliki fungsi sebagai alat penerima rangsang bunyi (fonoreseptor) dan keseimbangan (statoreseptor). Bagian telinga terdiri dari:
    • Telinga Luar : Daun telinga, liang telinga, dan gendang telinga (membrana tympani) sebagai penerima gataran bunyi.
    • Telinga Tengah : terdiri dari tulang-tulang pendengaran seperti tulang martil (malleus), tulang landasan (inkus), dan tulang sanggurdi (stapes) yang berhubungan dengan seluran rumah siput pada tingkap jorong.
    • Telinga Dalam : Tingkap oval, saluran rumah siput (kohklea), tiga saluran setangah lingkaran (kanalis semisirkularis).

  3. Lidah (Indera Pencap)
    Lidah sebagai alat indera memiliki fungsi penerima rangsang rasa, seperti rasa Manis, Asin, Asam, Pahit.

  4. Hidung (Indra Penciuman)
    Hidung berfungsi sebagai indera pencium, Sel-sel reseptor pada rongga hidung disebut sek olfaktori sebagai reseptor yang dapat mendeteksi bau.

  5. Kulit (Indera Peraba)
    Fungsi kulit selain sebagai alat eksresi juga berfungsi sebagai alat indera peraba. Beberapa ujung saraf yang peka terhadap perabaan tertentu diantaranya :
    • Bagian paccini peka terhadap rangsang tekanan
    • Bagian ruffini peka terhadap rangsang panas
    • Bagian meissner peka terhadap rangsang sentuhan atau rabaan
    • Bagian crausse peka terhadap rangsang dingin dan
    • Bagian ujung saraf yang tidak memiliki pelindung berfungsi sebagai penerima rangsang nyeri atau sakit.
Oke mungkin itu saja yang bisa saya berikan mengenai artikel ini, semoga dengan apa yang sudah saya berikan ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk like dan follow akun kami untuk mendapatkan info serta update terbaru dari kami. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar anda. Terimakasih.
Previous
Next Post »

► Dilarang meninggalkan link aktif
► Dilarang komentar yang mengandung sara, pornografi dsb.
► Semoga artikel bermafaat
► Terimakasih sudah berkomentar :)
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Powered by Blogger.