Hey sob? kali ini saya akan membahas bagaimana caranya untuk menganalisis sebuah unsur-unsur cerita pendek atau yang bisa disebut juga dengan cerpen. Cerita Pendek merupakan Cerita yang memiliki karakteristik fisik cerita yang sedikit atau pendek dan biasanya cerpen tidak menguat pembahasan secara detail.

       Cerita Pendek dibentuk oleh 2 unsur yaitu Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik. Unsur Intrinsik ini mencakup Tema, Amanat, Alur, Penokohan/Perwatakan, Sudut Pandang dan Latar Belakang, sedangkan unsur Ekstrinsik mencakup Latar belakang budaya seperti tergambar latar belakang ekonomi, agama, dan politik masyarakat. Kedua unsur tersebut selalu dimiliki pada setiap Cerita Pendek, sekaligus unsur itu juga yang menyebabkan berbedanya sebuah cerita dalam setiap cerpen. Nah jika anda sudah mengetahui sedikit pembahasan tetang apa itu cerpen anda bisa simak penjelasan masing-masing dari unsur Intrinsik dan Ekstrinsik berikut ini.

Macam-macam Unsur Intrinsik dalam Cerpen

Tema
     Tema merupakan suatu hal yang menjadi pokok utama dalam cerita, tema pada suatu cerpen dengan cerpen lainnya mungkin saja sama, namun meskipun banyak tema pada cerita pendek yang sama tetapi tetap ada yang berbeda pada setiap cerita seperti sudut pandang seorang dalam cerita tersebut atau yang lainnya, itu bertujuan untuk menciptakan cerpen yang selalu menarik.

Amanat
     Amanat merupakan pesan atau hal yang berharga dalam sebuah cerita pendek yang dapat kita ambil isinya. Biasanya amanat dalam sebuah cerpen selalu berkaitan dengan Temanya.

Alur
     Seperti namanya, alur perupakan jalan cerita yang dapat membangun sebuah cerita pendek menjadi lebih menarik. Alur terdiri dari 3 macam yaitu Alur Maju, Alur Mundur dan Alur Campuran. Bentuk pergerakan alur bisa berupa narasi atau penceritaan langsung oleh pengarang, penggambaran tokoh, latar dialog, serta aksi dan tingkah laku tokoh.

Penokohan
     Penokohan adalah sebuah cara si pengarang menggambarkan karakter dari setiap masing-masing tokoh dalam cerita pendek.

Latar
     Latar merupakan suatu atau keadaan yang ada dalam sebuah cerita, biasanya terdiri dari Latar Tempat, Latar Waktu dan Latar Suasana.

Sudut Pandang
     Sudut Pandang merupakan posisi atau kedudukan pengarang dalam membawakan sebuah cerita. Biasanya sudut pandang terdiri dari Sudut pandang orang pertama pelaku utama, sudut pandang orang ke-3 pelaku sampingan dan sebagainya.

Macam-macam Unsur Ekstrinsik dalam Cerpen

Latar Belakang Sosial Budaya
     Latar belakang Sosial Budaya ini mencangkup seperti keadaan masyarakat yang di ceritakan baik itu ekonomi, politik, agama. Sebagai contoh kondisi masyarakat yang sering terkena banjir, kondisi tersebut kemudian menjadi inspiratif si pengarang untuk membuat sebuah cerita dengan bertemakan kondisi yang sesuai pada saat itu.

Oke mungkin itu saja yang bisa kita berikan mengenai artikel "Menganalisis Unsur-Unsur Cerita Pendek (Cerpen)" ini, semoga dengan apa yang sudah kita berikan ini dapat bermanfaat bagi Kalian. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar. Terimakasih.

Post a Comment