cara mudah membuat password akun yang sangat kuat

    Hey sob? kali ini saya akan membagikan sebuah tips mengenai cara memilih password akun yang terpat, seperti yang sudah anda ketahui bahwa di jaman yang modern ini akun yang menggunakan ID dan Password sudah terlalu banyak bahkan hampir di seluruh media di internet terutama di media social seperti akun facebook, twitter, instagram, google+ dan sebagainya. Pemilihan password yang kurang tepat bahkan mudah di mengerti membuat akun yang kita miliki dapat dengan mudah di hacking oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab, namun bagaimana cara memilih password akun yang tepat? oke bagi anda yang penasaran dengan cara pemilihan password yang kuat anda bisa simak pembahasan berikut ini.

Pada kesempatan kali ini saya bukannya untuk mengajarkan anda menjadi alay namun ini demi kebaikan anda semua, seperti yang anda sudah ketahui bahwa sebuah password yang kuat harus memiliki setidaknya 1 huruf atau 1 angka pada kalimat password tersebut, tapi harus di perhatikan juga bahwa tidak semua password yang kita miliki itu mudah diingat oleh kita sendiri, jadi selain harus kuat password yang kita miliki juga harus mudah diingat. Seperti apa sih password yang mudah diingat? oke untuk menghasilkan password yang mudah diigat anda harus memiliki password yang anda biasa lakukan atau dekat dengan diri anda, selain itu untuk memilih password jangan sekali-kali untuk mencantumkan nama-nama yang sudah lazim dan umum atau nama yang terdapat pada sebuah kamus besar itu sangat dilarang karena sangat mudah di tebak oleh para hacker.

Contoh Password yang Kuat

1. Password dengan Kalimat Alay
  • Password yang mudah diingat : Jakarta (dimana J sebagai huruf besar. Password dengan kata "Jakarta" sangat tidak di anjurkan karena kata tersebut sangat mudah di tebak).
  • Password menjadi lebih kuat : J4k@12t4 (Yap, dengan merubah sebuah kata yang lazim menjadi kata yang sulit di baca merupakan cara yang sangat efektif untuk membuat orang lain susah menebak kata sandi kita).
2. Password dengan Plesetan Kata
  • Password yang mudah diingat : biasamakan12 (dengan kalimat ini mungkin akan mudah tertebak meskipun sedikit aneh dan terdapat sebuah anggka).
  • Password menjadi lebih kuat : kambiasomakan12 (kambiaso merupakan inspirasi dari pemain sepak bola "cambiasso" namun kata tersebut seperti kata "biasa" jadi sangat mudah diingat dan kata tersebut tidak ada dalam umum).
Yang Harus Diperhatikan dalam Password

1. Meskipun password susah namun itu juga bukan jaminan dalam keamanan karena hacker bukan orang yang mudah menyerah, usahakan ganti password dalam 3 bulan sekali atau dalam janga waktu yang berkala.

2. Usahakan di setiap akun memilki password yang hampir sama atau bisa semuanya sama, itu bertujuan agar password mudah diingat.

3. Berlatih pengetikan password yang anda miliki, contohnya password "J4k@12t4" ini kan tidak mudah untuk mengetikannya dengan cepat, alih-alih dapat di perhatikan oleh orang di sekitar kita dan menebak kalimat tersebut dari kata depannya dan kata belakangnya. Usahakan anda berlatih untuk mengetik password agar susah ditebak kemana jari yang anda ketikan.

4. Gunakan fitur Ponsel untuk keamanan akun anda. Fitur ini terbilang cukup efektif mencegah para hacker karena disetiap login ataupun merubah password pasti akan ada pemberitahuan terlebih dahulu keponsel anda. bahwa dimintakan kode lewat ponsel anda untuk meneruskan tindakan.

5. Jangan sesekali teman anda atau orang lain bahkan public mengetahui password anda, karena akun anda sangat penting dan privacy. Usahakan bila memang ingin memberikan ID dan Password anda silahkan ubah terlebih dahulu password anda menjadi yang lain, karena di takutkan semua password yang anda miliki sama persis jadi jika 1 akun sudah tertabak maka semua akun yang anda miliki menjadi mudah di retas/hacking.

Oke mungkin itu saja yang bisa kita berikan mengenai artikel "Cara Memilih Password Akun Yang Kuat" ini, semoga dengan apa yang sudah kita berikan ini dapat bermanfaat bagi Kalian. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar. Terimakasih.

Post a Comment