Cara Mudah Menemukan dan Memperbaiki Broken Link di Blog


       Hey sob? kali ini saya akan memberikan sebuah cara bagaimana caranya untuk menemukan link yang rusak atau broken serta memperbaiki link yang rusak tersebut. Mungkin bagi para blogger sekalian pernah yang namanya menghapus sebuah artikel postingan anda untuk tujuan tertentu, namun bagaimana kalau menghapus postingan itu dalam jumlah yang berlebihan? ya pastinya sangat berdampak negatif bagi blog yang anda miliki, Sebanarnya dampak apa saja sih yang dapat di sebabkan oleh broken link?

Inilah beberapa dampak yang sering terjadi pada situs yang memiliki banyak link yang rusak.
  1. Akan lebih lama Terindeks oleh mesin pencari seperti Google.
  2. Karena terlalu banyak broken link, membuat Robot Google bosan untuk mengunjungi situs anda kembali.
  3. Semakin menurunnya visitor akibat terlalu banyak link rusak, menyebabkan pengunjung malas untuk mengunjungi blog anda kembali.
  4. Ditolaknya Adsense karena tidak memenuhi kebijakan webmaster.
  5. Dan masih banyak lagi
Nah, jika anda sudah mengetahui dampak negatif dari sebuah broken link, seharusnya anda sadar untuk memperbaiki sebuah link yang rusak tersebut, namun bagaimana cara mudahnya untuk menggatikan link yang sudah pada rusak? Mari kita praktekan langsung.

Eetss, ada yang tertinggal, bagaimana caranya kita tau bahwa ada link yang rusak pada blog yang kita miliki? Oke mungkin kalian bingung apakah ada broken link pada blog kita atau tidak? untuk itu saya akan berikan tipsnya juga untuk mengetahui sebuah link yang rusak pada blog anda dengan otomatis menggunakan fasilitas Webmaster dari Google.

Cara Mudah Mengetahui Adanya Broken Link pada Situs

1. Buka halman webmaster : http://www.google.com/webmasters/tools/‎

2. Jika sudah, buka halaman url blog anda di webmaster yang anda miliki (jika belum ada, anda bisa klik "Tambahkan Properti" untuk menambahkan situs).

3. Lalu anda bisa masuk ke menu "Perayapan" dan klik "Kesalahan Perayapan" atau "Crawl Errors".

4. Disana adalah sebuah halaman yang menampilkan sebuah url yang rusak atau broken pada blog yang kita miliki, anda bisa klik "Tidak ditemukan" atau "Not Found" untuk mengetahui link mana saja yang rusak.


5. Jika sudah mengetahuinya, anda bisa langsung memperbaiki dengan cara yang akan di sajikan disini.

#NB : Jika anda baru mendaftarkan blog anda di webmaster, mungkin semua fasilitas di webmaster akan kososng untuk sementara.

Untuk memperbaiki broken link pada blogger itu sebenarnya sangat mudah, karena blogger sudah memberikan fasilitas redirect link sehingga kita akan lebih mudah membuat direct link sesuka hati kita tanpa harus menggunakan script pada html kembali. Fitur Redirect ini merupakan langkah mudah untuk memperbaiki sebuah link yang rusak sehingga tidak terjadi error 404 Not Found setelah mengakses link yang salah. Oke bagi anda yang sudah tidak sabar anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah Mudah Memperbaiki Broken Link pada Blog

1. Buka Blogger anda.

2. Jika sudah anda bisa masuk ke menu "Setelan" dan klik "Preferensi penelusuran".

3. Perhatikan disana ada yang bernama "Pengalihan Khusus", klik "Edit".

4. Lalu masukan broken link di "Dari" dan masukan link aktif di "Kepada".

Contoh:
  • Dari : /2015/06/free-download-adobe-master-collection-cs5-full-version.html
  • Kepada : /p/sitemap.html

Artinya : dari halaman "http://www.blogsejutaumat.com/2015/06/free-download-adobe-master-collection-cs5-full-version.html" akan menuju ke halaman "http://www.blogsejutaumat.com/p/sitemap.html". Sehingga link dinyatakan tidak mati oleh robot index.

#NB : untuk meletakan link, anda harus memulainya dengan tanda "/".

5. Terakhir klik "Simpan" dan "Simpan perubahan" dan lihat hasilnya.

Oke mungkin itu saja yang bisa saya berikan mengenai "Cara Mudah Menemukan dan Memperbaiki Broken Link di Blog" ini, semoga dengan apa yang sudah saya berikan ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk like dan follow akun kami untuk mendapatkan info serta update terbaru dari kami. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar anda. Terimakasih.

Previous
Next Post »

► Dilarang meninggalkan link aktif
► Dilarang komentar yang mengandung sara, pornografi dsb.
► Semoga artikel bermafaat
► Terimakasih sudah berkomentar :)
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Powered by Blogger.