Macam-Macam Perintah Dalam Pemrograman Pascal


15 Macam Perintah Dalam Pemrograman Pascal

        Hey sob? kali ini saya akan memberikan sebuah penjelasan tentang sebuah beberapa perintah-perintah dalam bahasa pemrograman pascal. Bahasa Pemograman Pascal merupakan pemograman yang banyak di pelajari oleh murid yang bertujuan dalam bidang komputer atau system komputer, oleh karena itu saya akan memberikan beberapa penjelasan singkat tentang perintah dalam pascal ini namun sebelum langsung ke apa saja perintah dalam pascal anda harus mengerti dahulu tentang Tipe data Pascal. Oke bagi anda yang ingin mengetahui apa saja perintah yang ada dalam bahasa pascal bisa simak pemabahsan berikut ini.

Macam-Macam Tipe Data Pascal
  • Integer : 1,2,5,9,1000
  • Real : 26.7, 3.47, 0.0036
  • Character (Char) : a, A, c, Z
  • Boolean : True/False
Perintah-perintah Dalam Pascal

1. ABS
ABS merupakan fungsi matematika dalam pascal yang berguna untuk menghasilkan sebuah nilai mutlak dari sebuah bilangan negative.

2. FRAC
Frac merupakan sebuah fungsi matematika dalam pascal yang berguna untuk menghasilkan nilai desimal (Decimal) dari bilangan Real.

3. INT
INT merupakan fungsi pascal yang berguna untuk membulatkan bilangan pecahan menjadi sebuah bilangan bulat positif. Pembulatan yang dilakukan adalah pembulatan ke bawah (Nilai desimal di buang).

4. LN
LN merupakan sebuah fungsi matematika dalam pascal yang berfungsi untuk menghasilkan sebuah nilai Logaritma dari sebuah bilangan.

5. SIN
Sintaks SIN berfungsi untuk menghitung sebuah nilai Sinus dari sebuah bilangan yang biasanya digunakan dalam menghitung sudut tertentu dari 0' (0 drajat) sampai 360' (360 drajat) pada operasi matematika.

6. SQR
Sintaks SQR merupakan fungsi pascal yang berguna untuk melakukan penghitungan kuadrat dari sebuah bilangan.

7. SQRT
Sintaks SQRT merupakan fungsi pascal yang berguna untuk melakukan perhitungan akar kuadrat dari sebuah bilangan.

8. Pemangkatan Lebih dari 2
Untuk menghitung bilangan dengan pangkat lebih dari 2, misal 4 pangkat 3, maka harus menggunakan struktur perulangan, untuk melakukan perkalian sebanyak jumlah pangkat.
Contoh :
  • 2^2 = 2x2 = 4
  • 4^3 = 4x4x4 = 64
  • 4^0 = 1
9. PRED
Perintah PRED dipergunakan untuk menghasilkan sebuah nilai yang lebih kecil dari dirinya. Perintah PRED hanya dapat digunakan pada type data Numeric, Character dan Boolean.

10 .SUCC
Perintah SUCC dipergunakan untuk menghasilkan sebuah nilai yang lebih besar darinya. Sama seperti perintah PRED, SUCC hanya dapat digunakan pada type data seperti Numeric, Character dan Boolean.

11. CHR
Perintah CHR digunakan untuk mengkonversi data Numeric menjadi bertipe Karakter berdasarkan kode ASCII.

12. ORD
Perintah ORD dipergunakan untuk mengkonversi sebuah data bertipe Karakter menjadi data bertipe Numeric berdasarkan kode ASCII.

13. ODD
Perintah OOD dipergunakan untuk menentukan sebuah bilangan apakah termasuk bilangan Ganjil atau bukan. Output dari operator ODD ini adalah Boolean.

14. INC
Perintah INC digunakan untuk menambah nilai bilangan bertipe data Numeric sebesar 1.

15. DEC
Perintah DEC digunakan untuk mengurangi nilai bilangan bertipe data Numeric sebesar 1.

Oke mungkin itu saja yang bisa saya berikan mengenai "Macam-Macam Perintah Dalam Pemrograman Pascal" ini, semoga dengan apa yang sudah saya berikan ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk like dan follow akun kami untuk mendapatkan info serta update terbaru dari kami. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar anda. Terimakasih.

Previous
Next Post »

► Dilarang meninggalkan link aktif
► Dilarang komentar yang mengandung sara, pornografi dsb.
► Semoga artikel bermafaat
► Terimakasih sudah berkomentar :)
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Powered by Blogger.