Cara Mudah Mengatasi Disk Write Protected

The disk is write protected

       Hey sob? kali ini saya akan memberikans sebuah cara bagimana caranya untuk mengatasi sebuah masalah yang sering dialami oleh pengguna disk portable seperti Flash Disk, SD Card, Micro SD dan sebagainya intinya tempat penyimpanan data external lah. Mungkin bagi sebagian dari anda yang memiliki sebuah media penyimpanan eksternal yang salah satunya sudah disebutkan tadi mungkin ada yang mengalami sebuah masalah seperti error tidak dapat format disk anda karena ada peringatan bertuliskan "The disk is write protected." dan bahkan menyebabkan banyak peringatan error yang terjadi seperti peringatan error "msiexec.exe - Write Protect Error".


       Untuk masalah write protect yang sangat luar biasa banyak terjadi ini biasanya diakibatkan oleh kecerobohan si pemilik, ketidak sengajaan si pemilik contohnya sering mencabut flashdisk dengan cara mencabut langsung tanpa di eject terlebih dahulu, tidak terawatnya flashdisk sehingga chip kuning pada usb flashdisk mengkarat, jarang menscan disk sehingga disk terjangkit virus dsb. Biasanya untuk anda yang mengatasi masalah seperti ini mencoba untuk memformat disk yang anda miliki namun itu tidak berhasil malahan ada peringatan disk protect. Nah sebenarnya ada cara yang mudah untuk mengatasi masalah disk write protect ini namun jika cara yang saya akan berikan ini tidak berhasil anda harus perhatikan pada disk yang anda punya.

Cara Mudah Memperbaiki Disk yang Write Protect

1. Pertama klik Start pada windows, dan pilih "Run" (Win+R).

2. Ketikan "CMD" dan Enter.

3. Setelah itu anda bisa ketikan "diskpart" dan Enter.

4. Muncul cmd yang baru dan ketik "list disk" Enter, (perhatikan jangan sampai salah mana Harddisk anda dan mana Flashdisk anda, biasanya Disk 1 lah yang flashdisk anda karena ukuran size yang lebih kecil dari pada harddisk)

5. Jika anda sudah mengetahui mana flashdisk anda, anda bisa ketik "select disk 1" dan Enter. (select disk sesuaikan dengan flashdisk yang anda miliki tadi)

6. Lalu ketikan "attributes disk" Enter.

6. Perhatikan bahwa ada attribut "Current Read-only State : Yes" menandakan disk yang anda miliki hanya bisa di baca tidak bisa di edit, untuk mengatasi masalah tersebut anda bisa ketikan "attributes disk clear readonly" dan Enter dan lihat tanda bahwa ada balasan disk attributes cleared successfully bertandakan bahwa atribut readonly sudah di hapus.


7. Selesai dan lihat hasilnya

Bagi anda yang tidak berhasil dengan cara ini, kemungkinan besar disk atau flashdisk yang anda miliki sudah rusak dan tidak dapat di pakai lagi, namun jika anda menggunakan Micro SD Card, mungkin anda bisa sambungkan SD Card anda menggunakan Card Reader atau Adapter yang lain.

Oke mungkin itu saja yang bisa saya berikan mengenai "Cara Mudah Mengatasi Disk Write Protect" ini, semoga dengan apa yang sudah saya berikan ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk like dan follow akun kami untuk mendapatkan info serta update terbaru dari kami. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar anda. Terimakasih.

Previous
Next Post »

► Dilarang meninggalkan link aktif
► Dilarang komentar yang mengandung sara, pornografi dsb.
► Semoga artikel bermafaat
► Terimakasih sudah berkomentar :)
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Powered by Blogger.