Perbedaan Universitas, Insititut, Stan dan Akademi


      Hey sob? kali ini saya akan menjelaskan apa itu perbedaan dari masing-masing perguruan tinggi seperti Universitas, Institut, Stan dan Akademi, mungkin untuk sebagian orang macam-macam perguruan tinggi tersebut masih dibilang sama atau sejenis, namun kenyataannya masing-masing dari perguruan tinggi tersebut sangat lah berbeda, memang sekolah merupakan tempat belajar, namun mereka punya sistemnya masing-masing.

Lalu apa saja perbedaan dari Universitas, Institut, Stan dan Akademi? bagi anda yang penasaran atau ingin melanjuti ke perguruan tinggi, mungkin ini bisa membantu anda. Oke bagi anda yang penasaran apa saja perbedaanya dari masing-masing perguruan tinggi bisa simak penjelasannya berikut ini.

Macam-macam Perguruan Tinggi

  1. Universitas
    Universitas merupajan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan dalam berbagai macam ilmu pengetahuan atau teknologi, jika telah memenuhi syarat universitas dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.
    Contoh Universitas : UNJ, UGM, UPI, UIN, UI

  2. Institut
    Tidak jauh berbeda dengan universitas, instutut dapat dibedakan dengan adanya sejumlah rumpun ilmu pengetahuan atau teknologi yang lebih terbatas dari universitas.
    Contoh Institut : ITB, IKIP, IPB

  3. Stan
    Stan merupakan jenis perguran tinggi yang hanya menyelenggarakan satu bidang atau program studi, misalnya STIE (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi) yang hanya menyelenggarakan jurusan Akuntansi serta Manajement, jenjang ataupun gelar yang bisa dicapai pun tidak berbeda dengan universitas ataupun institut.

  4. Akademi
    Akademi merupakan jenis perguruan tinggi yang memberikan ketrampilan siswanya dengan porsi lebih banyak dibandingkan dengan pemberian teori dan waktu yang ditempuh pun relatif lebih singkat, 1 sampai 3 tahun (D1,D2,D3). Akademik mencetak lulusan yang trampil bertujuan untuk memasuki dunia kerja. Perbandingan meteri yang diajarkan ialah teori 40% dan praktek 60% bagi lulusannya tidak dapat gelar  kecuali Diploma 3 berhak menyandang Ahli Madya (AMD).

Oke mungkin itu saja yang bisa saya berikan mengenai artikel "Perbedaan Universitas, Insititut, Stan dan Akademi" ini, semoga dengan apa yang sudah saya berikan ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk like dan follow akun kami untuk mendapatkan info serta update terbaru dari kami. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar anda. Terimakasih.
Previous
Next Post »

► Dilarang meninggalkan link aktif
► Dilarang komentar yang mengandung sara, pornografi dsb.
► Semoga artikel bermafaat
► Terimakasih sudah berkomentar :)
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Powered by Blogger.