Pengertian Konotasi dan Denotasi beserta Contohnya


Pengertian Konotasi dan Denotasi beserta Contohnya

      Hey sob? kali ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan seputar kata bermakna konotasi dan denotasi. Sebelumnya pasti kalian pernah mendengar kata ini pada sebuah pelajaran bahasa indonesia, namun belum mengetahui apa arti sebenarnya dari kalimat kata konotasi dan denotasi ini.

Sebenarnya cukup mudah untuk membedakan arti dari kedua kata ini, namun ada yang harus anda pahami tentang pengertian kata konotasi dan denotasi sebab ini berpengaruh terhadap sebuah kalimat yang dimilikinya. Oke bagi anda yang penasaran apa pengertian dari kedua kata ini langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian kata bermakna Konotasi dan Denotasi

Konotasi
Kata Konotasi adalah merupakan sebuah kata yang mengandung makna kias atau bukan kata sebenarnya. Kata ini biasanya sering kita jumpai pada sebuah pantun, cerpen atau juga beberapa karya seni sastra lainnya, ini bertujuan untuk memperindah sebuah kalimat ungkapan pada sebuah kata. Dalam bahasa indonesia kata konotasi memiliki  2 unsur kata positif dan negatif, seperti "Anak Emas" dan "Panjang Tangan".

Contoh
  • Haris tidak pernah melakukan Campur Tangan kepada Asri.
  • Pengusaha muda ini sempat Gulung Tikar.

Kata Campur Tangan dan Gulung Tikar merupakan kata Konotasi yang memiliki arti lain seperti Campur Tangan yaitu orang yang mencampuri urusan orang lain, dan Gulung Tikar yang berarti Bangkrut.


Denotasi
Kata Denotasi merupakan sebuah kata yang memiliki arti yang sebenarnya dan apa adanya seperti yang sehari-hari kita gunakan. Selain itu kata Denotasi tidak memiliki arti lain dari setiap katanya. Kata ini sangat mudah kita jumpai karena kata denotasi merupakan kata yang sebanarnya tertulis pada kalimat.

Contoh
  • Aku suka pada dirimu
  • perusahaan kaos ini 25% sudah menguasai pasar dunia

Dari kedua kalimat diatas tidak satupun ditemukan kata bermakna lain, berarti kedua kata tersebut merupakan kata Denotasi.

Oke mungkin itu saja yang bisa saya berikan mengenai artikel "Pengertian Konotasi dan Denotasi beserta Contohnya " ini, semoga dengan apa yang sudah saya berikan ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk like dan follow akun kami untuk mendapatkan info serta update terbaru dari kami. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar anda. Terimakasih.

Previous
Next Post »

► Dilarang meninggalkan link aktif
► Dilarang komentar yang mengandung sara, pornografi dsb.
► Semoga artikel bermafaat
► Terimakasih sudah berkomentar :)
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Powered by Blogger.