Penyebab Tidak Bisa Tidur dan Cara Mengatasinya


Tidur merupakan hal yang pasti dilakukan pada setiap manusia, namun bagaimana jika kita sebagai manusia merasa sulit untuk tidur, bahkan sering tidak tidur atau tidur terlalu malam, sebenarnya apa penyabab dari semua masalah tersebut.

Oke, kali ini kami akan membahas masalah tersebut mulai dari penyebabnya dan kita akan memberikan tips untuk cara mengatasi tidak bisa tidur terutama pada malam hari, sebab dengan adanya gangguan sulit tidur itu merupakan bertanda pola keseharian anda tidak baik dan itu dapat menjadikan terjadinya menurunnya kinerja tubuh anda.

Sebenarnya banyak sekali penyebab dari sulitnya tidur terutama pada malam hari, namun kali ini kami akan membahasnya dengan secara umum, artinya mungkin sebagian dari masalah sulit tidur itu termasuk pada masalah yang kami akan berikan berikut ini.

Penyebab Tidak Bisa Tidur dan Solusinya :

1. Banyak Pikiran atau Masalah


Menusia dengan segudang pekerjaan pastinya akan mengalami stress dan itu akan berimbas pada ketenangan pada tidur anda atau pada kualitas tidur anda.

Solusinya, anda bisa merileksasikan pikiran anda sembaring mengkosongkan pikiran anda. Mungkin dengan cara meditasi, anda bisa merasa lebih rileks untuk bisa tidur dengan tenang.

2. Terbiasa Tidur Malam


Pola tidur yang tidak teratur ditambah dengan cara tidur yang tidak baik dengan bergadang hingga larut malam merupakan kebiasaan yang kurang baik, itu karena dengan anda membiasakan tidur malam anda akan merasa jika tidur terlalu sore akan terasa sulit dan jika ini sudah terjadi maka pola tidur anda pun akan memburuk.

Solusinya, anda bisa mencoba untuk memaksakan diri anda untuk tidur diwaktu yang tepat untuk tidur tanpa harus bergadang. Jauhkan smartphone yang akan menggangu ketenangan tidur anda, lalu anda bisa mencoba tidur dijam yang diharuskan untuk tidur sampai anda terbiasa dengan pola tidur anda yang baru.

3. Lapar


Tidur dengan perut kosong memang sulit dan lapar pun tidak ada obatnya selain makan, namun jika anda mendekati waktu tidur, makan-makanan yang berat bukan merupakan solusi yang tepat karena itu dapat menggangu pencernaan disaat anda sedang tertidur.

Solusinya, anda bisa membiasakan makan sekiranya beberapa jam sebelum anda tidur atau anda bisa mengganti makanan anda dengan susu hangat untuk menghilangkan rasa lapar anda.

4. Capek atau Lelah


Mungkin kita sebagai manusia yang setiap hari bekerja pasti ada saatnya kita akan merasakan capek dan itu dapat membuat kita sulit tidur.

Solusinya, anda bisa beristirahat sejenak hingga rasa capek atau lelah itu hilang sambil berbaring di kasur, biasanya rasa capek itu dengan sendirinya akan membawa anda pada posisi dimana anda akan tidur dengan sendirinya.

5. Bingung akan sesuatu hal


Nah, mungkin ini juga banyak yang terjadi, disaat kita ingin tidur malah tidak bisa tidur lantaran bingung akan sesuatu hal yang kita sendiri bingung apa itu. Masalah ini memang banyak terjadi dan biasanya ini karena seringnya kita menerima informasi dari berbagai sudut pandang yang berbeda yang dapat mempengaruhi kita.

Solusinya, anda bisa hindari untuk membuka media sosial anda sebelum tidur atau bahkan menjauhkan smartphone kalian, selain itu hindari televisi sesaat sebelum tidur dan pastikan anda sudah cukup minum, karena konsentrasi kita akan hilang ketika kita kekurangan cairan dalam tubuh.

Oke, intinya jika anda ingin tidur anda nyaman dan nyenyak, pastikan anda tidak terganggu pada pikiran, gangguan dalam tubuh serta lingkungan. Jadikan kualitas tidur anda sempurna, agar aktivitas keesokan harinya menjadi lebih bersemangat lagi dan ceria kembali.
Previous
Next Post »

► Dilarang meninggalkan link aktif
► Dilarang komentar yang mengandung sara, pornografi dsb.
► Semoga artikel bermafaat
► Terimakasih sudah berkomentar :)
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Powered by Blogger.