Perbedaan Vektor dan Bitmap serta Kelebihan dan Kekurangannya


      Hey sob? Kali ini saya akan membahas perbedaan dari sebuah jenis format gambar grafis yaitu Vector dan Bitmap yang sering digunakan untuk membuat atau mengolah sebuah gambar grafis. Mungkin bagi anda yang hobbi atau sedang mempelajari sebuah aplikasi desain grafis seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, Adobe Illustrator dan sebagainya, ilmu pengetahuan ini mungkin akan membantu kalian untuk membedakan sebuah jenis format gambar dan membedakan aplikasi untuk membuat sebuah gambar vektor maupun bitmap.

Pada dasarnya Vektor maupun Bitmap merupakan sebuah jenis format gambar yang serupa yaitu menghasilkan sebuah gambar, namun dengan jenis yang berbeda dan hasil yang berbeda pula. Untuk mengetahui apa saja perbedaan dari jenis format gambar vektor maupun bitmap anda bisa simak pembahasan berikut ini.

Perbedaan Vektor dan Bitmap

Vektor


    Bagi sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata ini. Vektor merupakan sebuah jenis gambar yang dihasilkan oleh sebuah garis atau lengkungan yang menjadi satu sehingga menghasilkan gambar yang tidak mudah pecah ketika skala gambar diperbesar maupun diperkecil.

Fungsi utama dari jenis gambar Vector ialah menghasilkan gambar yang berkualitas tinggi, tajam dan tidak mudah pecah sehingga dapat diaplikasikan ke berbagai media, biasanya gambar ini hanya bisa menghasilkan gambar grafis berupa bentuk maupun garis, seperti pembuatan Logo, Karakter, Desain Grafis dan lainnya.

Software yang biasa digunakan untuk membuat sebuah jenis gambar Vektor ialah : Adobe Ilustrator, Freehand, Corel Draw, dll.

Kelebihan Vektor
  • Tidak mudah pecah ketika skala gambar diperbesar maupun diperkecil pada aplikasi
  • Menghasilkan warna gambar yang cerah dan berkualitas tinggi

Kekurangan Vektor
  • Gambar hanya bisa berupa bentuk maupun garis
  • Aplikasi vektor lebih berat
  • Kemampuan mengolah gambar lebih terbatas
  • Warna biasanya akan lebih terlihat kaku


Bitmap


    Aplikasi jenis gambar Bitmap merupakan aplikasi yang sangat mudah ditemukan hampir disemua pengguna komputer terutama untuk pengguna windows, sebab aplikasi bitmap merupakan sebuah aplikasi pengolah gambar yang bertujuan untuk mengedit atau menghasilkan gambar berupa dot atau kumpulan titik-titik warna yang bersatu menjadi sebuah gambar. Jenis gambar bitmap ini akan sulit untuk diperbesar karena sifatnya yang berupa pixel atau dot sehingga akan mudah pecah ketika skala gambar diperbesar.

Fungsi utama dari aplikasi jenis gambar bitmap ini adalah sebagai pengolah gambar. Aplikasi jenis bitmap ini dapat menampung file berupa gambar yang memiliki warna yang beragam dan kemudahan untuk mengedit sebuah gambar tersebut.

Software yang biasa digunakan untuk menghasilkan sebuah jenis gambar Bitmap ialah : Adobe Photoshop, Paint, dll.

Kelebihan Bitmap
  • Dapat mengedit gambar dengan lebih leluasa, sehingga akan menghasilkan gambar yang diinginkan
  • Dapat menghasilkan gambar yang memiliki warna yang beragam seperti pemandangan, manusia, hewan, dan sebagainya

Kekurangan Bitmap
  • Gambar akan sulit diperbesar karena skala gambar tetap, sehingga gambar akan terlihat pecah ketika diperbesar
  • Aplikasi jenis gambar bitmap lebih diutamakan untuk mengedit sebuah gambar/foto dari pada untuk membuat sebuah grafis


Oke mungkin itu saja yang bisa saya berikan mengenai artikel "Perbedaan Vektor dan Bitmap serta Kelebihan dan Kekurangannya" ini, untuk lebih jelas mengenai apa itu vektor maupun bitmap, anda bisa mencobanya langsung menggunakan aplikasi yang sudah disebutkan sebelumnya. semoga dengan apa yang sudah saya berikan ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk like dan follow akun kami untuk mendapatkan info serta update terbaru dari kami. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar anda. Terimakasih.

Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

► Dilarang meninggalkan link aktif
► Dilarang komentar yang mengandung sara, pornografi dsb.
► Semoga artikel bermafaat
► Terimakasih sudah berkomentar :)
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Powered by Blogger.