Tips Cara Menghemat Toner Printer Laser dengan Mudah


Menghemat merupakan suatu hal yang baik dilakukan, karena dengan menghemat kita dapat mengurangi pengeluaran dari hal-hal yang harusnya kita bisa minimalisir. Menghemat berhubungan erat dengan keuangan dan efisiensi. Nah, kali ini saya akan membahas bagaimana caranya untuk menghemat penggunakan tinta toner pada printer laser yang anda punya, cara ini biasanya dapat dipraktekan di berbagai jenis merk printer laser karena pada dasarnya printer laser memiliki cara kerja dan fitur yang sama namun hanya merknya dan kualitasnya saja yang berbeda.

Oke mungkin kalian merasa kalau printer laser itu merupakan sebuah printer dengan tinta harga termahal? Ya, memang rata-rata printer laser memiliki harga tinta toner yang mahal, namun mahal itu wajar ketika memang alat yang secanggih printer laser pun awet untuk digunakan dalam pekerjaan sehari-hari. Bagi pengguna printer inkjet yang suntikan atau refill pasti permasalahan yang sering dihadapi adalah kualitas gambar yang sering rusak entah itu garis-garis atau tinta tidak mau keluar, itu sebab printer inkjet menggunakan tinta cair yang dapat membeku dalam heat ketika tidak digunakan lama dan itu tidak berlaku pada printer jenis laser, kenapa? Karena printer laser memang sudah menggunakan jenis tinta kering yaitu serbuk.

Meskipun mahal, harusnya anda tidak perlu kwatir dengan tinta toner printer laser yang akan habis, karena ada cara yang bisa anda lakukan untuk menghemat tinta toner anda agar bisa digunakan untuk mencetak banyak dan anda pun bisa menghemat pengeluaran anda dengan cara-cara mudah berikut ini :

Cara Menghemat Toner Printer Laser

1. Gunakan fitur Toner Saver


Untuk menggunakan fitur ini, anda bisa membuka pengaturan printer anda (Control Panel – Device anda Printer – klik kanan pada printer anda – pilih “Printing preference”). Anda bisa temukan pengaturan Toner Saver disana.

2. Setting Resolusi print menjadi lebih rendah


Semakin rendah resolusi yang anda turunkan pada gambar, maka semakin besar anda bisa menghemat pengeluaran tinta anda alias berhemat.

3. Letakan printer di tempat yang sejuk
Meletakan printer di tempat yang panas bisa mengakibatkan pengeluaran serbuk menjadi tidak efisien, dan dapat merusak kualitas gambar, sebaiknya letakan printer laser di tempat berAC atau di tempat yang sejuk dan kalau bisa jangan biarkan printer berhadapan langsung dengan AC atau Kipas, karena ada beberapa jenis printer yang berpengaruh dengan tekanan angin yang berlebih.

4. Gunakan printer seperlunya
Kalau anda memiliki 2 printer yaitu inkjet dan laserjet sebaiknya untuk kepentingan yang tidak terlalu penting alias cetak sedikit lebih baik mencetak menggunakan printer inkjet, dan untuk keperluan cetak banyak baru gunakan laserjet, karena kedua jenis printer ini memiliki kinerja yang berbeda.
Previous
Next Post »

► Dilarang meninggalkan link aktif
► Dilarang komentar yang mengandung sara, pornografi dsb.
► Semoga artikel bermafaat
► Terimakasih sudah berkomentar :)
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Powered by Blogger.