Cara Investasi Saham dengan Mudah dari 0

Cara Investasi Saham dengan Mudah dari 0

    Hey sob, kali ini saya akan memberikan sebuah cara mudah untuk berinvestasi di dunia Saham. Mungkin kalian sudah familiar dengan Saham, sudah tahu bahwa Saham merupakan surat berharga milik perusahaan yang jika anda milikinya berarti anda sudah bisa dikatakan sebagai pemilik perusahaan. Lebih dari itu, Saham merupakan instrumen investasi jangka panjang yang diperdagangkan melalui Bursa Efek Indonesia atau BEI (IDX) dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangaan, biasa disebut OJK.

    Nah, banyaknya informasi mengenai apa itu Saham, membuat sebagian masyarakat tertarik dan melirik jenis investasi yang satu ini, oleh karena itu disini saya akan jelaskan bagaimana cara membuat akun saham (rekening efek) untuk dapat berinvestasi saham di pasar modal. Oke untuk itu bisa langsung simak pemabahasannya berikut ini.

Cara Membuat Akun Rekening Efek

1. Pertama, yang anda harus lakukan yaitu memilih Perusahaan Sekuritas, Perusahaan Sekuritas itu adalah Perantara Pedagang Efek (PPE) atau gampangnya sebagai contoh pedagang dipasar, anda harus memilih pedaggannya terlebih dahulu. Lebih jelas bisa lihat disini : Apa itu Perusahaan Sekuritas?

Sekuritas ada berbagai macam, contohnya BNI Sekuritas, Mandiri Sekuritas, MNC Sekuritas, dan lainnya, lebih lengkap bisa lihat disini : 40 Daftar Perusahaan Sekuritas di Indonesia

2. Setelah memilih Sekuritas yang dipilih, anda bisa langsung datang ke kantor pusat atau cabang terdekat untuk pembukaan rekening efek, rekening ini berbeda dengan rekening tabungan, namun prinsipnya hampir sama, yaitu sebagai tempat menyimpan uang kalian.

Selain datang ke kantor, biasanya anda bisa membuat melalui Online dengan mengunjungi situs dari Sekuritas yang anda inginkan, selain itu ada cara yang lebih mudah yaitu datang ke kampus terdekat yang memiliki komunitas pasar modal (GI BEI, KSPM, LSPM), contohnya seperti Universitas Negeri Jakarta yang memiliki lembaga komunitas Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia FE UNJ (GI BEI UNJ), kalian bisa dibantu untuk pembuatan akun rekening disana.

3. Siapkan berkas seperti KTP, Fotocopy Buku Tabungan, dan NPWP (Jika Ada).

4. Setor dana ke Rekening Efek kalian, jika sudah terdaftar.

5. Jika sudah terdaftar, dan menyetor dana maka anda siap untuk berinvestasi.

Note :
*Ketika mendaftar untuk pembuatan akun rekening efek, disarankan untuk terus bertanya ke sekuritas atau lembaga terkait dimana anda mendaftar untuk proses pembelian saham melalui aplikasi milik sekuritas tersebut.

*Untuk pembelian saham sekarang sudah sangat mudah karena hanya melalui online trading, hanya saja pembuatan rekeningnya yang biasanya harus ada tanda tangan diatas materai, sebagai syarat pendaftaran.

*Untuk Mahasiswa atau yang belum berpenghasilan lebih, sebaiknya daftar melalui lembaga yang ada di universitas, sebab biasanya syarat penyetoran jauh lebih ringan yaitu hanya Rp.100.000 dari pada anda harus ke sekuritas yang biasanya membutuhkan dana setor minimal 1juta untuk pembuatan akun.

     Oke mungkin itu saja yang bisa saya berikan mengenai artikel "Cara Investasi Saham dengan Mudah dari 0" ini, semoga dengan apa yang sudah saya berikan ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk like dan follow akun kami untuk mendapatkan info serta update terbaru dari kami. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar anda. Terimakasih.

Previous
Next Post »

► Dilarang meninggalkan link aktif
► Dilarang komentar yang mengandung sara, pornografi dsb.
► Semoga artikel bermafaat
► Terimakasih sudah berkomentar :)
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Powered by Blogger.