Perbedaan Pendidikan Formal dan Informal Contohnya


     Hey sob? Pendidikan itu adalah suatu hal yang penting dalam kehidupan, tidak mengenal usia maupun gender, setiap manusia itu memperlukan suatu pendidikan untuk dapat menjalani hidup kedepannya dengan lebih baik.

     Pendidikan dijaman yang modern ini sudah sangat mudah untuk dapat diakses, terutama bagi kota-kota besar yang sudah memiliki fasilitas yang memadai, namun meskipun pada kenyataanya masih banyak yang belum dapat merasakan pendidikan. Peran sekolah sangat berkaitan erat dengan yang namanya pendidikan, padahal sekolah hanyalah sebagai wadah untuk belajar, meskipun arti pendidikan sepenuhnya bukan berarti sekolah saja.

     Banyak hal yang kita bisa dapatkan melalui pendidikan, namun pendidikan tidak hanya ada di sekolah saja, melainkan disemua tempat, mulai dari keluarga, lingkungan bahkan sampai internet dan media social. Banyaknya pengaruh pendidikan dari lingkungan membuat pendidikan dapat diakses secara Formal dan Informal. Lalu apa sebenarnya perbedaan pendidikan formal dan pendidikan informal? mari kita simak pembahasannya berikut ini.

Perbedaan Pendidikan Formal dan Informal beserta Contohnya :

Pendidikan Formal

     Pendidikan Formal adalah sebuah sebuah pembelajaran yang mendidik dengan memiliki sistem yang sistematis, berjenjang/bertingkat dengan berorientasi pada akademik dan pelatihan, upaya ini untuk menghasilkan sebuah penghargaan dalam bentuk Ijazah, atau Sertifikat sebagai bukti dari hasil pembelajaran.

     Contoh dari pendidikan formal ialah : Sekolah (SD, SMP, SMA. sampai Perkuliahan)


Pendidikan Informal

     Dimulai dari kata "in-" yang berarti "tidak", memiliki arti Pendidikan yang Tidak Formal (Informal). Pendidikan Informal adalah sebuah pendidikan dalam bentuk pengaruh lingkungan, keluarga yang berbentuk kegiatan belajar secara mandiri.

     Contoh dari pendidikan informal ialah : Pendidikan Usia Dini oleh Orang Tua, Organinasi

     Oke mungkin itu saja yang bisa saya berikan mengenai artikel "Perbedaan Pendidikan Formal dan Informal Contohnya" ini, semoga dengan apa yang sudah saya berikan ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk like dan follow akun kami untuk mendapatkan info serta update terbaru dari kami. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar anda. Terimakasih.

Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

► Dilarang meninggalkan link aktif
► Dilarang komentar yang mengandung sara, pornografi dsb.
► Semoga artikel bermafaat
► Terimakasih sudah berkomentar :)
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Powered by Blogger.