Pengertian Apa Itu E-Commerce dalam Bisnis Pemasaran


     Hey sob? Apa kalian tahu apa itu E-Commerce? Yap, mungkin sudah banyak yang bertransaksi untuk mendapatkan barang idaman menggunakan teknologi yang bernama internet, namun masih belum banyak yang mengetahui apa itu E-Commerce, nah bagi kalian yang ingin mengetahui atau apa itu E-Commerce bisa simak pembahasannya berikut ini.

     E-Commerce adalah sebuah proses bisnis yang menggunakan teknologi berupa internet sebagai jembatan penghubung transaksi antara penjual (Perusahaan) dengan Konsumen. E-Commerce juga bisa disebut dengan transaksi secara online. Jadi segala bentuk transaksi yang menggunakan internet dapat disebut dengan E-Commerce, seperti berjualan di Instagram, Online Martketplace, dan lainnya.

     Keunikan dari E-Commerce adalah menjadikan promosi begitu mudah dengan mengandalkan konektivitas global, sehingga jangkauan konsumen bisa lebih luas dan membuka banyak peluang usaha baru seperti Kurir dan Dropshipper.

Manfaat E-Commerce dalam Bisnis
  1. Jangkauan Global
         Akses yang terbuka luas bagi para penjual membuka peluang yang sangat lebar untuk mengembangkan bisnis mereka dengan lebih cepat, hasilnya konsumen dapat lebih mudah menemukan produk yang dijual oleh perusahaan dengan tetap melakukan promosi online maupun offline sebagai penyebaran informasi terkait produk yang ditawarkan.

  2. Efisiensi Biaya
         Biaya merupakan hal yang sangat vital dalam bisnis, dengan adanya transaksi melalui internet (e-Commerce) membuat banyak biaya yang terlihat berat diawal bisa diminimalisir dengan membuka akses melalui internet. Dengan begitu suatu hal yang berat diawal untuk para UMKM seperti penyewaan ruko, karyawan lapangan bisa ditunda hingga bisnis bisa berkembang dan mampu melakukan semua yang diperlukan untuk menunjang kesuksesan bisnisnya.

Tantangan E-Commerce
  1. Koneksi Internet
         Dengan infrastruktur yang belum sempurna membuat internet belum merata kesemua bagian, hasilnya ini menjadi tantangan sendiri untuk mampu memberikan kesempatan bagi setiap wilayah merasakan internet dan bertransaksi di e-Commerce.

  2. Cara Konvensional yang Melekat
         Meskipun perkembangan bisnis melalui internet sangat cepat berkemang, namun pengaruh sistem bisnis konvensional sangat sulit dilepaskan oleh berbagai faktor, yang menjadi utama adalah faktor keamanan. Masyarakat akan jauh lebih percaya penjual online yang memang memiliki toko fisik dibandingkan yang belum memilikinya, dan sebagainya.

  3. Pengguna Internet yang banyak
         Jumlah pengguna internet yang banyak sangat berbanding terbalik dengan transaksi dan pendapatan bisnis melalui internet, penetrasi pasar yang sulit diraih membuat tantangan tersendiri yang membuat para pembisnis memiliki caranya sendiri untuk memasarkan produknya, masalahnya setiap demografi dan sikap dari setiap wilayah tidak bisa disama-ratakan, sehingga cara mempromosikan produk pun juga menjadi beragam.
     Oke mungkin itu saja yang bisa kita berikan mengenai artikel "Pengertian Apa Itu E-Commerce dalam Bisnis Pemasaran" ini, semoga dengan apa yang sudah kita berikan ini dapat bermanfaat bagi Kalian. Jangan lupa untuk like dan Subscribe akun resmi kami untuk mendapatkan info serta update terbaru dari kami. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar anda. Terimakasih.

Previous
Next Post »

► Dilarang meninggalkan link aktif
► Dilarang komentar yang mengandung sara, pornografi dsb.
► Semoga artikel bermafaat
► Terimakasih sudah berkomentar :)
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Powered by Blogger.