8 Tips Sehat Berbuka Puasa Selama Ramadhan

8 Tips Sehat Berbuka Puasa Selama Ramadhan

     Hey sob? kali ini  kita akan membahas tips agar kita tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan. Nah, bagi yang menjalankan ibadah puasa ramadhan, pasti sempat berfikir untuk bagaimana caranya agar tetap sehat walaupun tidak makan seharian. Meskipun sebenarnya puasa itu menyehatkan, namun akan jauh lebih baik jika kita imbangi dengan makanan yang tepat.

Ada banyak referensi untuk menunjang kesehatan kita selama bulan ramadhan ini, namun banyak yang merekomendasikan untuk minum vitamin atau obat-obatan, padahal tidak semua jenis obat itu baik untuk kesehatan secara jangka panjang. Oleh karena itu ini adalah sebagian dari hal yang bisa kalian lakukan secara sedarhana mudah dan alami agar tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa ramadhan. Simak pembahasannya berikut ini.

Tips Alami Sehat Berbuka Puasa Selama Ramadhan

1. Minum Air Putih Sebelum Berbuka

Banyak orang membuka puasanya dengan air yang lain seperti air es buah, air susu, air gula dan sebagainya. Alangkah baiknya jika kita mulai dengan air putih atau air mineral untuk menstrerilkan organ pencernaan kita serta mencegah dehidrasi pada tubuh kita.

2. Awali Buka Puasa Dengan Kurma

Banyak hadis yang menjelaskan bahwa kurma adalah salah satu makanan yang dimakan oleh Nabi saat berbuka puasa, bisa nih kita contoh sunnah Nabi kita tersebut, sebab selain enak dan menyehatkan, kita bisa mendapatkan pahala karena telah menjalankan sunnah Nabi.

3. Makan Semangkuk Sup

Salah satu alternatif yang nikmat, alami dan kaya gizi ialah sup, seperti sup ayam, sup tomat, sup bawang dan sebagainya, makanan ini sangat mudah dibuat dan berguna untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

4. Sayur di Menu Berbuka

Jangan lupa untuk menjaga serat tubuh kita dengan mengisinya dengan sayur-sayuran, sebab sayur merupakan jenis makanan yang kaya akan vitamin, mineral dan serat alami yang baik bagi tubuh.

5. Pilih Makanan Berkarbohidrat yang Baik

Lalu kalian bisa nih coba makanan-makanan yang berkarbohidrat baik seperti kentang, beras merah, gandum dan sebagainya. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan energi kita setelah menjalankan puasa.

6. Pilih Protein Tanpa Lemak

Selain karbohidrat, protein juga tidak kalah penting untuk dikonsumsi saat berbuka puasa, seperti ikan.

7. Jauhi Kalap Saat Berbuka Puasa

Hal yang sering ditemui dan dilakukan oleh kebanyakan orang ialah terlalu nafsu dan terburu-buru dalam menyantap makanan saat berbuka, hal ini tentunya tidak baik untuk pencernaan kita, oleh karena itu kita harus dalam keadaan tetap tenang saat berbuka puasa.

8. Hindari Makanan Tinggi Lemak, Garam dan Gula

Hindari makanan yang mengandung tinggi lemak, garam dan gula, sebab jika kita berlebihan dalam mengkonsumsi makanan tersebut, justru membuat tubuh kita tidak baik kedepannya. Jaga terus makanan yang masuk kedalam tubuh kita.

Oke mungkin itu saja yang bisa kita berikan mengenai artikel "8 Tips Sehat Berbuka Puasa Selama Ramadhan" ini, semoga dengan apa yang sudah kita berikan ini dapat bermanfaat bagi Kalian. Jangan lupa untuk like dan Subscribe akun resmi kami untuk mendapatkan info serta update terbaru dari kami. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar anda. Terimakasih.

Previous
Next Post »

► Dilarang meninggalkan link aktif
► Dilarang komentar yang mengandung sara, pornografi dsb.
► Semoga artikel bermafaat
► Terimakasih sudah berkomentar :)
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Powered by Blogger.