Macam Puasa Wajib, Sunnah dan Penjelasannya Lengkap

    Hey sob? kali ini kita akan membahas macam-macam dari puasa, mulai dari puasa wajib hingga sunnah yang mungkin kalian belum ketahui sebelumnya. Puasa merupakan kegiatan beribadan dengan tujuan mendekatkan diri kepada tuhan Allah SWT, yang dimana terdapat banyak sekali manfaatnya.

Baca juga : Tips Produktif Saat Menjalankan Puasa Ramadhan

Banyak orang mengetahui puasa hanya di bulan Ramadhan, namun ternyata selain dibulan Ramadhan, ada beberapa puasa wajib lainnya juga loh, bahkan ada banyak sekali puasa sunah yang dianjurkan juga. Oke bagi kalian yang penasaran apa saja macam puasa wajib dan sunnah, mari kita simak pembahasannya berikut ini.

Macam Puasa Wajib

1. Puasa Ramadhan

Puasa dibulan Ramadhan merupakan puasa yang sudah menjadi familiar di dunia khususnya Indonesia karena mayoritas penduduk adalah Islam. Dan puasa Ramadhan merupakan puasa wajib yang telah diperintahkan terdapat pada Quran dan Hadis, salah satunya seperti berikut.

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (QS. Al-Baqarag 183)

2. Puasa Kafarat (Denda)

Puasa kafarat atau penggantian atau denda akibat kelalaian atau kesalahan yang dilakukan ketika seorang sedang memasuki ibadah puasa wajib. Apabila dengan sengaja seseorang membatalkan puasanya dalam bulan Ramadhan tanpa ada halangan yang telah ditetapkan (hukum syari), ia harus memerdekakan hamba sahaya perempuan yang beriman, jika tidak mampu, ia harus berpuasa selama dua bulan berturut-turut, jika tidak mampu, ia harus memberi makanan kepada 60 orang miskin, masing-masing sebanyak satu mud (kurang lebih sepertiga liter).

Macam Puasa Sunnah

Puasa sunah merupakan puasa yang jika dilakukan mendapatkan pahala, jika tidak dilakukan tidak mendapatkan dosa. Adapun macam-macam puasa sunnah sebagai berikut ini:

  • Puasa Syawal, puasa 6 (enam) hari di bulan Syawal
  • Puasa Nabi Daud As. (satu hari bepuasa satu hari berbuka)
  • Puasa Muharam, tanggal 9 dan 10 di bulan Muharam.
  • Puasa hari Arafah/Haji (Tanggal 9 Dzulhijjah)
  • Puasa Senin dan Kamis.
  • Puasa Pertengahan bulan (13,14,15) dari setiap bulan Qomariyah
  • Puasa bulan Rajab, Sya’ban dan pada bulan-bulan suci lainnya

Baca juga : Tips Agar Tidak Mudah Lelah Saat Puasa

    Oke mungkin itu saja yang bisa kita berikan mengenai artikel "Macam Puasa Wajib, Sunnah dan Penjelasannya Lengkap" ini, semoga dengan apa yang sudah kita berikan ini dapat bermanfaat bagi Kalian. Jangan lupa untuk like dan Subscribe akun resmi kami untuk mendapatkan info serta update terbaru dari kami. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar anda. Terimakasih.

Previous
Next Post »
Diberdayakan oleh Blogger.