14 Pengertian dan Definisi Variabel Menurut para Ahli


     Hey sob? kali ini kita akan membahas mengenai hal yang sangat sering masuk dalam karya ilmiah ataupun skripsi, yaitu pengertian dan definisi variabel menurut para ahli. Dan semoga ini bisa bermanfaat bagi kita semua terutama untuk kalian yang sedang berada di semester akhir perkuliahan, semangat.

Pengertian dan Definisi Variabel adalah sebuah pengertian dasar yang harus dicantumkan pada lembar karya ilmiah, apapun bentuknya. Tujuanya untuk memberitahukan kepada masyarakat awam yang belum mengerti apa yang dimaksud oleh variabel yang kalian maksud di karya ilmiah kalian. Oleh karena itu bagi kalian yang membutuhkan pengertian dan definisi variabel menurut para ahli, mari kita simak saja pembahasannya berikut ini.

Pengertian dan Definisi Variabel Menurut para Ahli

Pengertian Variabel

Variabel merupakan objek penelitian, atau apa yang menjadi fokus di dalam sebuah penelitian, baik yang berbentuk real maupun abstrak. Variabel merupakan nilai yang mempunyai banyak varian, atau suatu yang bersikap tidak tetap atau berubah-ubah.

Pegertian variabel secara umum ialah suatu objek yang berbentuk apa saja yang di tentukan oleh peneliti dengan tujuan untuk memperoleh informasi supaya bisa ditarik sebuah kesimpulan.

Sedangkan secara teori, pengertian variabel penelitian ialah suatu objek, sifat, atribut atau nilai dari orang, atau kegiatan yang memiliki bermacam-macam variasi antara satu dengan lainnya yang di tetapkan oleh peneliti dengan tujuan untuk dipelajari dan di tarik kesimpulan.

Variabel bisa juga diartikan sebagai suatu besaran yang bisa di ubah atau berubah sehingga bisa mempengaruhi peristiwa atau hasil penelitian. Variabel merupakan konsep yang memiliki nilai yang beragam. Suatu konsep bisa diubah menjadi suatu variabel dengan cara memusatkan pada aspek tertentu dari variabel itu sendiri.

Macam Macam Pengertian Variabel

Pengertian dari variabel itu sangatlah luas, semua itu tergantung dari cabang ilmunya. Istilah variabel ini digunakan dalam berbagai cabang ilmu seperti komputer, matematika, sains dan sebagainya. Oleh karena itu, berikut ini pengertian variabel berdasarkan cabang ilmunya :

Pada matematika, variabel ialah karakter atau abjad yang mewakili suatu jumlah yang belum di tentukan. Setiap variabel mengandung nilai dan memudahkan kita untuk mengerjakan soal matematika terutama yang berhubungan dengan pelajaran aljabar.

Pada ilmu komputer, variabel ialah nama (biasanya berupa karakter, abjad, atau kata) yang mewakili beberapa nilai dalam memori komputer.

Pada ilmu sains, variabel ialah objek penelitian, yaitu segala sesuatu yang hendak diteliti. Variabel sering digunakan dalam penelitian ilmiah dan bisa di kosongkan serta di isi nilainya. Variabel terdiri dari nama dan nilai.

Pada ilmu logika matematika, variabel ialah salah satu simbol yang mewakili sebuah teori.

Pengertian Variabel Menurut Para Ahli

Selain pengertian umum dari variabel seperti diatas, ada pula pandangan lain mengenai pengertian variabel dari ahli dan pakar  yang dapat berbeda-beda dalam mendefinisikan suatu arti dari variabel seperti berikut ini.

F.N Kerlinger

"Variabel adalah konsep yang mempunyai macam-macam nilai, dan variabel adalah konsep yang sudah di ubah."

Freddy Rankuti

"Pengertian variabel adalah konsep yang mempunyai nilai bervariasi dan nilai tersebut dapat dibagi menjdi 4 data yang berbeda, yaitu skala, rasio, ordinal, nomina dan intenal."

Sutrisno Hadi

"Variabel merupakan variasi dari objek penelitian, contohnya saja tinggi manusia dan di variasikan dengan umur atau berat badan yang dimilikinya."

Sugiyono (2009: 60)

"Arti variabel adalah segala sesuatu yang berbentuk apa saja yang di tetapkan oleh peneliti untuk di pelajari sehingga di peroleh informasi tentang hal tersebut, kemudian di tarik kesimpulannya."

Suharsimi Arikunto (1998: 99)

"Variabel penelitian ialah objek penelitian atau apa yang menjadi perhatian suatu titik perhatian suatu penelitian."

Bagja Waluya

"Definisi variabel ialah konsep yang tidak pernah ketinggalan dalam setiap eksperimen/penelitian (research)."

Tia Mutiara

"Pengertian variabel ialah sesuatu yang menjadi fokus perhatian yang memberikan pengaruh dan mempunyai nilai (value)."

Sugiarto

"Variabel ialah karakter yang bisa diobservasi dari unit amatan yang merupakan suatu pengenal atau atribut dari sekelompok objek. Maksud dari variabel itu adalah terjadinya variasi antara objek yang satu dengan objek yang lainnya dalam kelompok tertentu."

Hatch & Farhady (1981)

"Variable di definisikan sebagai Atribut seseorang atau obyek yang memiliki variasi antara satu orang dengan yang lain atau satu obyek dengan obyek yang lain."

Kidder (1981)

"Arti variabel ialah suatu kualitas (qualities) dimana peneliti mempelajari dan menarik kesimpulan darinya."

Bhisma Murti (1996)

"Definisi variabel ialah fenomena yang mempunyai variasi nilai. Variasi nilai itu dapat di ukur secara kualitatif atau kuantitatif."

Sudigdo Sastroasmoro

"Pengertian variabel ialah karakteristik subyek penelitian yang berubah dari satu subyek ke subyek lainnya."

Dr. Ahmad Watik Pratiknya (2007)

"Variabel ialah Konsep yang mempunyai variabilitas. Sedangkan Konsep ialah penggambaran atau abstraksi dari suatu fenomena tertentu. Konsep yang berupa apapun, asal memiliki ciri yang bervariasi, maka dapat disebut sebagai variable. Dengan demikian, variable bisa diartikan sebagai segala sesuatu yang bervariasi."

Robbin Pearson

"Variabel Penelitian ialah semua karakteristik umum yang bisa diukur dan dapat berubah dalam intensitas, keleluasaan atau keduanya."

    Oke mungkin itu saja yang bisa kita berikan mengenai artikel "14 Pengertian dan Definisi Variabel Menurut para Ahli" ini, semoga dengan apa yang sudah kita berikan ini dapat bermanfaat bagi Kalian. Jangan lupa untuk like dan Subscribe akun resmi kami untuk mendapatkan info serta update terbaru dari kami. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar anda. Terimakasih.

Previous
Next Post »
Diberdayakan oleh Blogger.