Pengertian dan Keutamaan Nisfu Syaban


Hey sob? di bulan Sha'ban atau Shaban atau Syaban ini ada suatu hari penting bagi umat islam yaitu malam nisfu sya ban, oleh karena itu kali ini kita akan membahas mengenai apa itu nisfu syaban, dan kenapa ada peringatan malam nisfu syaban? 

Seperti yang kita ketahui dan bisa kita pastikan dalam kalender Hijriah bahwa bulan Syaban adalah bulan diantara bulan Rajab dan Ramadhan. Dan kata "Nisfu" ialah berarti Pertengahan, sehingga malam nisfu sya ban juga bisa diartikan sebagai malam pertengahan menyambut bulan Ramadhan.

Ada peristiwa penting dalam hari Nisfu Saban, yaitu ialah memperingati malam sebagai malam diubahnya arah kiblat dari Masjidil Aqsha menjadi Masjidil Haram. Selain itu, ada beberapa riwayat hadis yang menjelaskan keutamaan nisfu saban ini oleh Imam An-Nasai'i, seperti berikut.

Hadist Nisfu Syaban

Usamah bin Zaid pernah berkata, "Ya Rasulullah SAW, aku tidak pernah melihat engkau berpuasa sebanyak di bulan Syaban." Rasulullah SAW kemudian bersabda, "Ini adalah bulan antara Rajab dan Ramadhan yang tidak banyak diperhatikan orang-orang. Bulan di mana berbagai amalan diangkat kepada Allah SWT. Aku Nabi lebih suka amalanku diangkat saat sedang berpuasa." (HR Imam An-Nasa'i)

Dari hadist ini kita bisa simpulkan bahwa berpuasa di pertengahan bulan Syaban memiliki keutamaan yang istimewa dibandingkan bulan lainnya, selain itu dalam rangka sebagai penutup amalan, mari kita perbanyak ibadah, mudah-mudahan kita menjadi hamba yang beruntung, dimaafkan dari segala dosa yang pernah kita perbuat dan di jauhkan dari azab yang pedih di dunia dan di akhirat, Aamiin.

Oke mungkin itu saja yang bisa kita berikan mengenai artikel "Pengertian dan Keutamaan Nisfu Syaban" ini, semoga dengan apa yang sudah kita berikan ini dapat bermanfaat bagi Kalian. Jangan lupa untuk like dan Subscribe akun resmi kami untuk mendapatkan info serta update terbaru dari kami. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar anda. Terimakasih.

Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

► Dilarang meninggalkan link aktif
► Dilarang komentar yang mengandung sara, pornografi dsb.
► Semoga artikel bermafaat
► Terimakasih sudah berkomentar :)
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Diberdayakan oleh Blogger.