Hey sob? kali ini saya akan membahas tentang apa itu norma? Norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat bangasa-bangsa dan bernegara dan sebagainya. Oke bagi anda yang penasaran dengan pengertian dari norma silahkan simak pemabahasan berikut ini.

Pengertian Norma
     Norma adalah kaidah atau ketentuan-ketentuan yang mengalur kehidupan dan hubungan manusia dalam arti luas. Dengan kata lain Norma adalah aturan atau ketentuan yang mengikat warga kelompok dalam masyarakat yang dipakai sebagai panduan,tatanan dan kendali tingkah laku yang sesuai dan diterima.

Macam-macam norma yang ada dalam masyarakat antara lain :
Berdasarkan sumber asal usulnya, norma dibagi menjadi 4 norma, yaitu :
  1. Norma Agama
    Norma Agama adalah peraturan hidup yang diciptakan oleh Tuhan YME untuk manusia agar hidupnya bahagia di dunia dan akhirat.
    Norma Agama berisi perintah, larangan dan anjuran dari Tuhan YME, orang yang melanggarnya akan mendapatkan sanksi berupa siksa dari Tuhan di akhirat(dosa), Sedangkan yang mematuhinya akan memperoleh pahala.
  2. Norma Kesusilaan
    Norma Kesusilaan adalah peraturan hidup tentang perbuatan baik dan buruk yang bersumber dari hati nurani manusia.
    Norma Kesusilaan berisi tentang melanggarnya akan mendapatkan sangsi berupa penyesalan atau rasa bersalah.
  3. Norma Kesopanan
    Norma Kesopanan adalah peraturan hidup yang menjadi kebiasaan dan berlaku dalam lingkungan masyarakat tertentu, norma kesopanan sering disebut adat istiadat.
    Norma Kesopanan berisi kebiasaan yang telah menjadi adat dalam kehidupan masyarakat, orang-orang yang melanggarnya akan mendapatkan sanksi berupa pensucian dalam pergaulan hidup ejekan ataupun cemoohan.
  4. Norma Hukum
    Norma Hukum adalah peraturan yang dibuat oleh negara secara tertulis dan mempunyai sanksi yang jelas dan tegas. 
    Norma ini berisi peraturan yang mengikat setiap orang yang melanggarnya akan mendapatkan saksi berupa hukuman atau denda dari negara.

Oke mungkin itu saja yang bisa kita berikan mengenai artikel "Pengertian Tentang Norma" ini, semoga dengan apa yang sudah kita berikan ini dapat bermanfaat bagi Kalian. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar. Terimakasih.

Post a Comment