Hey sob? Bencana alam adalah konsekuensi dari kombinasi aktivitas alami yang berupa peristiwa fisik, misalnya letusan gunung, gampa bumi, dan longsor, serta disebabkan oleh aktivitas manusia. Bencana alam berdasarkan sumbernya dibedakan menjadi dua, yaitu bencana alam yang bersumber dari keajaiban alam murni dan yang bersumber dari akibat perbuatan manusia.

Bencana alam yang bersumber dari keajaiban alami, misalnya gunung meletus dan gempa bumi. Bencana alam yang disebabkan oleh perbuatan manusia, misalnya banjir dan longsor.

Dampak Bencana Alam
     Terjadinya berbagai bencana alam selalu menyisakan duka bagi rakyat, terutama korban bencana alam. Kerugian yang diakibatkan pun sangat besar, bahkan seringkali mengakibatkan korban jiwa yang tidak dapat di hitung oleh materi.

Setiap perilaku kita terhadap lingkunganm akan mendapatkan penghargaann. Penghargaan yang diperoleh bergantung kepada perilaku kita sendiri, apakah bersikap ramah atau sebaliknya merusak lingkungan. Perilaku ramah lingkungan akan menghindari kita dari berbagai bencana alam yag disebabkan perilaku manusia. Misalnya, tidak membuang sampah sambarangan yang mengakibatkan banjiratau melakukan penebangan liar yang akan mengakibatkan tanah longsor.

Sebaliknya, sikap mengekspoitasi lingkungan tanpa melestarikannya, akan mengakibatkan bencana alam yang hebat, seperti banjir, tanah longsor, dan kebakaran hutan. Oleh karena itu, sejak dini kita harus melesatrikan lingkungan yang ada di sekitar kita, supaya segala bencana dapat terhindar, kecuali yang benar-benar disebabkan oleh gejala alam murni.

Oke mungkin itu saja yang bisa kita berikan mengenai artikel "Apa Itu Bencana Alam ?" ini, semoga dengan apa yang sudah kita berikan ini dapat bermanfaat bagi Kalian. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar. Terimakasih.

Post a Comment