Hey sob? Windows Defender adalah software antivirus internal yang sudah disediakan Windows secara gratis. Antivirus ini juga tidak kalah dengan antivirus hebat lainnya seperti Avast, Avira, AVG. atau apapun antivirus yang terkenal dan biasanya berbayar. Windows Defender pada windows 8, akan selalu melakukan pengecekan update software ketika sobat sedang online. Jadi sobat tidak usah takut dengan antivirus yang baru bermunculan dan yang makin berbahaya. Oke langsung aja, ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Windows Defender.



Kelebihan Windows Defender :

1. Memberi Peringatan
          Antivirus ini akan memberikan pemberitahuan secara langsung ketika kita membuka file yang kita buka. Ini biasanya di file yang kita buka terdapat virus atau pun malware yang berbahaya bagi komputer kita.

2. Membersihkan Secara Maksimal
          Windows Defender akan membasmi virus yang berbahaya secara maksimal den menyeluruh, tidak seperti AVG yang akan langsung menghapus file yang memiliki virus. Sobat tidak usah khawatir karena Windows Defender tidak akan menghapus file sobat, tapi hanya menghapus virus yang ada di file tersebut.

3. Windows Defender Akan Meminta Restart
          Jika di komputer sobat terdapat virus atau malware yang sangat berbahaya, pertama windows akan membasmi nya terlebih dahulu, namun jika virus sangat berbahaya, mereka akan terus muncul kembali setelah virus dihapus, saat itulah Windows Defender akan meminta kita untuk merestart komputer. Ini sangat direkomendasikan untuk menghapus virus, dan setelah komputer sobat menyala kembali, komputer sobat sudah bersih dengan virus dan malware yang berbahaya.


Kekurangan Windows Defender

1. Tidak Terlalu Teliti
          Jika sobat sedang scaning komputer sobat dengan Windows Defender. Akan ada 2 pilihan, "Quick" dan "Full". Quick Scan adalah tipe scan yang cepat, namun akan memakan lebih banyak processor sobat. Dan Full scan adalah tipe scan penuh. Windows Defender akan mescan penuh hard disk sobat, namun akan memakan waktu yang lebih lama. Tapi dari 2 tipe scan tersebut, Windows Defender masih seringkali kurang teliti dan melewatkan virus virus kecil yang ada. Hal ini sangatlah tidak baik bagi komputer sobat.

2. Melemahkan Komputer Jika Memiliki Antivirus Selain Windows Defender
          Satu software antivirus biasa memakan banyak kapasitas processor sobat. Jadi jika sobat memiliki antivirus, maka akan memakan banyak sekali memori ataupun processor sobat, lebih baik sobat memiliki 1 antivirus saja. Karena jika sobat memiliki banyak antivirus, komputer sobat akan mudah untuk "Overhead" atau kepanasan karena dipaksa bekerja diluar batas komputer sobat.

Oke mungkin itu saja yang bisa kita berikan mengenai artikel "Kelebihan dan Kekurangan Windows Defender" ini, semoga dengan apa yang sudah kita berikan ini dapat bermanfaat bagi Kalian. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar. Terimakasih.

Post a Comment