Hey Sob? Kali ini saya akan memberikan sebuah cara bagaimana agar komputer atau laptop yang anda miliki mengeluarkan suara atau berbicara ketika komputer StartUp atau saat mulai, membuat komputer berbicara bukanlah hal yang sulit lagi dilakukan, sangat mudah untuk membuat komputer berbicara saat mulai, terutama untuk Sistem Operasi Windows, semua pasti bisa mencobanya.

Membuat komputer berbicara saat mulai pada Windows sangatlah mudah, banyak hal yang membuat orang ingin membuat komputernya berbicara layaknya komputer yang dimiliki oleh Iron Man atau yang sering disebut juga dengan Jarvis. Jarvis adalah sebuah komputer canggih yang dapat berbicara ketika penggunanya menyuruhnya, begitu juga dengan cara yang saya berikan ini, komputer akan berbicara ketika komputer di nyalahkan atau memulai Start. Oke kalau gitu langsung saja ke cara membuat komputer berbicara layaknya Jarvis.

Cara Membuat Komputer Berbicara Ketika Komputer Dinyalahkan atau Saat Mulai StartUp

1. Buka My Document.

2. Klik Kanan pada sembarang tempat dan pilih "New-Text Document/Notepad".


3. Buka file Tex Document/Notepad yang sudah anda buat tadi.

4. Lalu Copy-Paste kode dibawah ini ke dalam file Text Document tadi.

Dim speaks, speech
speaks="Hello, Mr.Haris Nur Hamid, Welcome Back "
Set speech=CreateObject("sapi.spvoice")
speech.Speak speaks

5. Setelah itu klik "File-Save As".

6. Pada "File Name" tuliskan "Speec.vbs" dan pada "Save as Type" ganti dengan "All Files", lalu klik "Save".


7. Test terlebih dahulu file Speec.vbs yang tadi anda sudah buat apakah bersuara atau tidak. Jika file Speec.vbs sudah dapat berbicara maka bisa lanjut ketahap selanjutnya.

8. Selanjutnya anda buka "C:/User/Nama User Anda/App Data/Roaming/Microsoft/Windows/Start Menu/Programs/Startup".

9. Pindahkan file "Speec.vbs" yang tadi anda buat ke folder "Startup" yang anda sudah buka tadi.

10. Sekarang anda bisa Restart komputer anda.

11. Selesai.


#NB : 
  • Jika tidak terdapat file "App Data" pada komputer anda, mungkin file tersembunyi, untuk mengetahui/membuka file yang tersebunyi tersebut bisamenggunakan cara di link berikut : Cara Mengembalikan File yang Tersembunyi
  • Jika setelah komputer sudah direstart namun tidak bersuara maka cek kembali file pada "Startup" apakah file masih ada atau hilang, biasanya file akan hilang jika pertama kali memasukan program baru.
  • Anda bisa mengganti kata-kata yang berwarna merah dengan kata yang anda inginkan namun disarankan dalam bahasa inggris 
Oke mudah kan untuk membuat komputer menjadi berbicara saat mulai?

Oke mungkin itu saja yang bisa kita berikan mengenai artikel "Cara Membuat Agar Komputer Berbicara Saat Mulai atau Start" ini, semoga dengan apa yang sudah kita berikan ini dapat bermanfaat bagi Kalian. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar. Terimakasih.

Post a Comment