Macam-macam Sifat Zat dan Perubahannya

        Hey sob? kali ini saya akan membahas macam-macam sifat zat dan perubahannya, sebelumnya saya akan jelaskan bahwa zat itu terdiri dari 3 macam yaitu zat asam (masam), zat basa dan garam. Oke bagi anda yang penasaran dengan info atau penjelasan tentang sifat zat ini bisa simak pembahasan berikut ini.

Sifat Zat Asam, Basa, Garam dan Perubahannya
  1. Zat Asam
    Zat Asam merupakan sebuah zat dalam air yang dapat menghasilkan ion Hidrogen (H+). Asam akan terionosasi menjadi ion Hidrogen dan ion sisa asam yang bermuatan Negatif.

    • Sifat-sifat larutan asam :
    1. Rasanya masam
    2. Menghantarkan arus listrik
    3. Jika dilaurtkan akan melepas ion Hidrogen (H+)
    4. Mengubah lakmus Biru menjadi Merah
    5. Memiliki derajat keasaman (pH) kurang dari 7.

  2. Zat Basa
    Zat Basa merupakan zat dalam air yang menghasilkan ion Hidroksida (OH-). Ion hidroksida terbentuk karena senyawa hidroksida dapat meningkat satu elektron pada saat dimasukkan ke dalam air. Basa juga dapat menetralisir asam (H+) sehingga akan menghasilkan air (H2O). Sabun merupakan salah satu zat yang bersifat basa.

    • Sifat-sifat larutan basa :
    1. Terasa licin jika terkena kulit
    2. Menghantarkan arus listrik
    3. Jika dilarutkan dalam air akan menghasilkan ion Hidroksida (OH-)
    4. Mengubah lakmus Merah menjadi Biru
    5. Menetralkan larutan asam
    6. Memiliki drajat keasaman lebih dari 7.

  3. Garam
    Garam merupakan senyawa yang terbentuk dari reaksi Asam dan Basa. Asam bereaksi dengan Basa membentuk zat netral dan tidak bersifat asam atau basa. Reaksi antar asam dan basa dinamakan reaksi Netralisasi.

Oke mungkin itu saja yang bisa kita berikan mengenai artikel "Macam-macam Sifat Zat dan Perubahannya" ini, semoga dengan apa yang sudah kita berikan ini dapat bermanfaat bagi Kalian. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar. Terimakasih.

Post a Comment