Apa itu Pengertian Pasar Modal?

Apa itu Pengertian Pasar Modal

     Hey sob? kali ini saya akan membahas apa itu pasar modal. Banyak orang bertanya mengenai apa itu pasar modal dan apa hubungannya dengan investasi? Sebenarnya kalau berbicara mengenai investasi, pasar modal adalah salah satu tempat untuk berinvestasi dengan aturan dan pengawasan langsung oleh naungan lembaga kenegaraan.

     Lembaga yang berperan sangat penting dalam proses transaksi dipasar modal salah satunya adalah OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, dimana lembaga tersebut adalah lembaga yang mengawasi jalannya transaksi di pasar modal. Lalu apa sebenarnya Pasar Modal itu? Oke kita langsung bahas langsung ke inti materinya.

Pengertian Pasar Modal

     Pasar Modal adalah sebuah pasar yang mempertemukan antara penjual dan pembeli (Pasar) yang isinya berupa transaksi jual beli instrumen keuangan seperti Saham, Reksadana, Obligasi dan Derivatif.

     Dalam Pasar Modal, instrumen yang paling terkenal dan banyak diminati adalah Saham (Surat Kepemilikan Perusahaan), sebab instrumen ini memiliki keuntungan yang lebih menjanjikan dengan modal yang minim. Perusahaan biasa disebut Emiten sedangkan pemilik modal biasa disebut Investor.

     Dalam rangka menyebarkan informasi lengkap oleh publik, Bursa Efek Indonesia atau BEI bertanggung jawab untuk menginformasikan segala kondisi pasar kepada publik dengan cara memberikan indeks saham gabungan atau biasa disebut IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan), Indeks LQ45 (Indeks 45 Saham Liquid) dan JII (Jakarta Islamic Index).

     Jadi, intinya Pasar Modal itu adalah sebuah Pasar namun isinya berupa penjualan Instrumen kuangan yang fungsinya sebagai sarana investasi.

     Oke mungkin itu saja yang bisa saya berikan mengenai artikel "Apa itu Pengertian Pasar Modal?" ini, semoga dengan apa yang sudah saya berikan ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk like dan Subscribe akun resmi kami untuk mendapatkan info serta update terbaru dari kami. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar anda. Terimakasih.

Previous
Next Post »

► Dilarang meninggalkan link aktif
► Dilarang komentar yang mengandung sara, pornografi dsb.
► Semoga artikel bermafaat
► Terimakasih sudah berkomentar :)
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Powered by Blogger.