Tips Jitu Cara Efektif Kuliah Online selama di Masa Pandemi

    Hey sob? kali ini kita akan membahas mengenai tips bagaimana menjalankan perkuliahan atau pembelajaran secara online di masa pandemi. Bagi kamu yang masih duduk di bangku sekolah, pasti mengalami yang namanya kuliah online di saat ini, di masa pandemi Covid-19 di Indonesia.

Kuliah Online atau Online Learning adalah suatu kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara daring (online) melalui platform meeting seperti Zoom, Google Meet, Webex dan lainnya.

Sebenarnya kuliah online sudah lama diterapkan oleh beberapa sekolah dan kampus untuk menjalani kegiatan pembelajarannya, namun dengan adanya pandemi Covid19 membuat seluruh akses pembelajaran mau tidak mau mengikuti aturan dari pemerintah, yaitu seluruhnya belajar dengan metode pelajaran jarak jauh atau work from home (WFH).

Meskipun banyak siswa dan mahasiswa yang masih mengharapkan kegiatan belajar tatap muka. Namun harus diketahui bahwa kita masih belum bisa memprediksi sampai kapan situasi seperti ini mulai berakhir.

Nah, oleh karena itu bagi kamu yang sedang mengalami masa pandemi dan sedang menjalani Online Learning, ada baiknya mengikuti tips berikut ini untuk bisa tetap berproduktif dan efektif dalam menjalani pembelajaran. Oke mari kita simak pembahasannya berikut ini.

Tips Efektif Kuliah Online

1. Membuat Catatan

Mulai dari membuat catatan mengenai jadwal kuliah, deadline tugas, isi materi presentasi hingga catatan penting yang kamu baru ketahui, usahakan semuanya ditulis dan diletakan di tempat yang kamu mudah untuk melihatnya. Hal ini dimaksud kan untuk kamu agar tidak mudah ketinggalan jadwal.

2. Disiplin Waktu

Dengan suasana yang santai di rumah bukan berarti kita harus bermalas-malasan untuk menuntut ilmu, sebab ilmu tidak akan datang kepada orang tidak niat untuk mengejarnya.

3. Proaktif

Biasakan diri untuk aktif bertanya kepada teman atau pun guru mengenai informasi apa saja yang mungkin belum kamu ketahui. Proaktif menjadikan diri kita selalu up to date mengenai apa saja yang harus kita lakukan agar tetap menjadi berprestasi di sekolah.

4. Pilih Tempat

Tempat yang nyaman dapat membuat kamu merasa lebih rileks dan tidak tegang ketika mengikuti pembelajaran, usahakan carilah tempat senyaman mungkin untuk kamu dapat belajar dengan baik.

Image Source: uhamka.ac.id

Nah itu dia adalah beberapa tips yang mungkin bisa menjadi bermanfaat untuk kamu yang menjalni online learning, dan bagi kamu para calon mahasiswa, harus ketahui juga bahwa UHAMKA memberikan layanan pembelajaran secara online didukung oleh sistem informasi terkini dalam melayani segala kebutuhan Civitas Akademis UHAMKA. UHAMKA sebagai perguruan tinggi Muhammadiyah juga telah mendapatkan Akreditasi A (Unggul) dari BAN-PT loh!

Oke mungkin itu saja yang bisa kita berikan mengenai artikel "4 Tips Jitu Cara Efektif Kuliah Online selama di Masa Pandemi" ini, semoga dengan apa yang sudah kita berikan ini dapat bermanfaat bagi Kalian. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar. Terimakasih.

Post a Comment