Tips Baterai Laptop Awet tidak Cepat Rusak

    Hey sob? kali ini kita akan membahas bagaimana caranya untuk mencegah supaya baterai laptop tidak mudah drop atau bocor. Untuk mencegah baterai laptop supaya tidak mudah rusak memang merupakan hal yang sangat banyak orang inginkan, sebab permasalahan yang paling banyak dialami banyak orang yang memiliki laptop ialah baterai yang gampang sekali rusak atau bocor.

Untuk mencegah baterai laptop supaya tidak bocor, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, oleh karena itu disini kita akan membahasnya agar kita semua bisa menghemat pengeluaran untuk tidak membeli batterai laptop secara berlebihan, oke kita simak pembahasannya berikut ini.

Disini kita akan membahas hal-hal yang memang bisa menjadi penyebab baterai laptop cepat rusak, dan ini ada beberapa hal yang memang sudah terbukti untuk tidak dilakukan para pemilik laptop supaya tidak terjadi kerusakan pada baterai laptopnya.

Cara Merawat Baterai Laptop Biar Nggak Bocor dan Awet

1. Gunakan Listrik yang Stabil

Penggunaan listrik yang tidak stabil merupakan indikator yang sering membuat penyebab baterai laptop cepat rusak, bahkan bukan hanya baterai laptop, seluruh perangkat elektronik sangat rawan rusak jika listrik yang kita gunakan tidak lah stabil.

Listrik yang tidak stabil biasanya disebabkan karena daya tampung kapasitas watt listrik mendekati batasnya, sehingga listrik mudah sekali down, dan ini yang sering terjadi korleting listrik.

Gunakan stabilizer, atau UPS untuk setiap elektronik yang digunakan termasuk laptop. Dan kalau bisa tambah daya watt listrik yang lebih tinggi atau kurangi pemakaian listrik supaya listrik dapat lebih stabil.

2. Jauhi Tempat-tempat tertentu

Tempat yang panas atau kedap biasanya menyebabkan laptop cepat overheat, dan kondisi yang panas bisa merusak atau memperpendek umur baterai. Jauhi tempat-tempat seperti menggunakan laptop diatas bantal, di ruang terbuka yang langsung terkena matahari, dan di dekat mesin-mesin lainnya.

3. Matikan Laptop jika Tidak digunakan

Kebanyakan orang saya temui malas untuk mematikan laptop, laptop yang jarang di matikan, memungkinan baterai cepat sekali haus pemakaian, usahakan matikan laptop ketika memang sudah tidak digunakan.

4. Hindari Benturan pada Laptop

Ini juga penting untuk menjadi perhatian, membawa laptop disegampang membawa benda-benda lainnya, laptop merupakan perangkat elektronik yang memiliki banyak komponen termasuk baterai. Benturan laptop dapat menjadi sumber kerusakan pada komponen lainnya, hasilnya komponen seperti baterai bisa saja tidak berjalan dengan maksimal, yang bisa menjadikan mudah untuk rusak walaupun sering diganti dengan yang baru.

Ada banyak pertanyaan mengenai apakah laptop boleh di charging (cas) sambil di mainkan? jawabannya untuk laptop generasi baru kebanyakan sudah memiliki fitur smart charging, yaitu fitur yang memungkinkan untuk mencegah pengisian daya berlebih ketika baterai laptop sudah terisi penuh. Oleh karena itu jawaban singkatnya yaitu ialah boleh saja, selama tidak diletakan di tempat-tempat tertentu seperti point nomer 2.

Oke mungkin itu saja yang bisa kita berikan mengenai artikel "Tips Baterai Laptop Awet tidak Cepat Rusak" ini, semoga dengan apa yang sudah kita berikan ini dapat bermanfaat bagi Kalian. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar. Terimakasih.

Post a Comment