Untung Rugi Penggunaan Tinta Art Paper di Printer Epson

    Hey sob? kali ini kita akan membahas mengenai untung rugi atau kelebihan dan kekurangan dari pemakaian tinta art paper pada printer berjenis epson apapun tipenya, walau begitu kebanyakan ialah menggunakan tipe L3110 atau L310 versi lamanya seperti yang saya pernah gunakan juga.

Maraknya jenis tinta yang beredar di pasaran membuat pengiat percetakan pemula berbondong-bondong ingin mencoba trobosan baru untuk membeli dan menggunakan tinta art paper dengan dipadu oleh printer epson yang secara nilai lebih murah ketimbang harus beli mesin printer laser jet.

Sebenarnya ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang didapatkan apabila kita menggunakan tinta jenis artpaper kedalam tabung printer espon, bahkan menurut saya pribadi akan sedikit beresiko jika memang printer jarang sekali digunakan. Nah penasaran kan apa saja plus minus dari pemakaian tinta artpaper, mari kita simak pembahasannya berikut ini.

Untung Rugi Tinta ArtPaper

Keunggulan Tinta Art Paper

1. Bisa digunakan di segala jenis kertas

Ini merupakan keuntungan jika kita menggunakan jenis tinta artpaper, yaitu bisa digunakan untuk mengeprint di segala jenis kertas, termasuk kertas artpaper, artcartoon, stiker dan kertas-kertas licin lainnya yang banyak dimanfaatkan oleh para percetakan yang minim budget untuk membeli printer laser jet.

2. Lebih tahan air

Harus diketahui bahwa jenis tinta artpaper merupakan tinta yang berbahan dasar minyak, atau oil base. Sehingga tinta yang sudah terserap oleh kertas akan lebih tahan air ketimbang menggunakan tinta dye base (tinta berbahan dasar air).

3. Warna mengkilap

Karena berbahan dasar minyak, jika kita gunakan tinta ini untuk mengeprint pada kertas yang mengkilap seperti stiker cromo, maka hasil yang di keluarkan akan terlihat lebih mengkilat berbeda dengan hasil tinta lainnya.

Untung Rugi Penggunaan Tinta Art Paper di Printer Epson
Image source: kaoskus

Kekurangan Tinta Art Paper

1. Beresiko merusak head printer

Salah satu pertimbangan terbesar ketika kita menggunakan tinta artpaper ialah harus mengetahui bahwa tinta ini sangat rawan untuk membuat head printer mudah mampat, wajar saja hal itu karena bahan dasar minyak ini membuat setiap bagian dari printer ini akan lebih mudah menggumpal dan mengendap ketika lama tidak digunakan.

Saran saya gunakan printer sesering mungkin jika kalian menggunakan jenis tinta ini, dan perhatikan untuk rutin di maintenance seperti head clening, power cleaning dan sebagainya.

2. Harga relatif lebih mahal

Dibandingkan dengan jenis tinta dye base atau tinta original epson. Tinta jenis artpaper apapun merknya tergolong lebih mahal, apalagi jika kita berbicara mengenai tinta yang berkualitas, biasanya jarak harganya bisa terlampau 2x lipat.

Nah itu dia beberapa dari kekurangan dan kelebihan dari penggunaan tinta artpaper, sebelum membeli dan menggunakan, alangkah baiknya mengetahui segala jenis resiko yang mungkin terjadi. Apabila kamu memiliki pengalaman yang ingin diceritakan, silahkan isi kolom komentar ya.

Oke mungkin itu saja yang bisa kita berikan mengenai artikel "Untung Rugi Penggunaan Tinta Art Paper di Printer Epson" ini, semoga dengan apa yang sudah kita berikan ini dapat bermanfaat bagi Kalian. Jika ada Kesalahan atau ada Pertanyaan serta Tambahan bisa isi pada kolom komentar. Terimakasih.

Post a Comment