Awang, seorang mahasiswa Mercu Buana yang lahir di Kebumen, sebuah desa sederhana di Jawa Tengah. Awang meninggalkan desa untuk merantau dan tinggal bersama Pak De dan Bu De nya di Jakarta, tempat Awang melanjutkan studi perkuliahan. Di ibu kota, Awang aktif membantu usaha sepupunya, Friday. Perjalanan ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari perjalanan pendidikan dan pengalaman hidup gadis desa Kebumen tersebut.

Di Jakarta, Awang menjalani proses adaptasi yang melibatkan penggunaan bahasa dan interaksi dengan rekan sebaya. Setelah berhasil diterima di Universitas Mercu Buana, pemahamannya terhadap peran mahasiswa sesuai dengan tri dharma perguruan tinggi semakin menguat. Awang yakin bahwa perjalanan ini tidak hanya membentuk akademisnya, tetapi juga mengasah nilai-nilai kemandirian dan tanggung jawabnya sebagai seorang mahasiswa.



Pada Kamis lalu, tanggal 9 November 2023, Awang dan sepupunya membuat aksi pembagian buku cerita gratis kepada anak-anak SD 03 Joglo. Awang berharap buku yang dibagikannya dapat memicu minat baca dan mengasah imajinasi adik adik di SD 03 Joglo. Bahkan, Awang berharap hal ini dapat menjadi pemicu semangat mereka untuk mulai menciptakan cerita sendiri dan menuangkan ide-ide kreatif mereka.

Awang dan sepupunya, Friday, berhasil membagikan 100 buku cerita, dan sangat memuaskan melihat antusiasme adik-adik di SD 03 Joglo. Kedepannya, Awang berharap dapat berbagi buku lagi di sekolah lain atau menjadikan kegiatan ini sebagai program berkelanjutan. Harapan Awang adalah agar adik-adik tidak hanya menjadi pembaca, tetapi juga mampu menciptakan buku cerita sendiri. Ini merupakan aplikasi nyata dari tri dharma perguruan tinggi dengan pendekatan pribadi yang Awang nikmati.

Post a Comment